Postingan Populer

Minggu, 19 Februari 2023

Ihwal Bahasa Indonesia

sumber gambar: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/

 

Momen penting proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan Soekarno tahun 1945 secara de facto dan de jure adalah peristiwa yang membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan kaum imperialis. Momen ini tidak luput menjadi peristiwa yang bersejarah sebagai momen kelahiran bangsa Indonesia. Proklamasi yang dibacakan Soekarno pada 17 Agustus 1945 menggema seantero nusantara. Menarik untuk disimak adalah teks proklamasi yang dibacakan Soekarno adalah teks proklamasi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

        Bahasa Indonesia yang disepakati sebagai bahasa persatuan pada peristiwa 28 Oktober 1928 menjadi bahasa yang mempersatukan bangsa yang memiliki bahasa yang majemuk. Dengan diikrarkan Sumpah Pemuda, resmilah bahasa Melayu yang sudah dipakai sejak pertengahan Abad VII itu menjadi bahasa Indonesia. Akar utama bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa prasasti yang menjelaskan bahwa bahasa ini sudah digunakan di kepulauan nusantara, seperti: Prasasti Kedukan Bukit di Palembang pada tahun 683; Prasasti Talang Tuo di Palembang pada tahun 684; Prasasti Kota Kapur di Bangka Barat pada tahun 686; Prasasti Karang Brahi, Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi pada tahun 688; Prasasti Gandasuli pada tahun 832; Prasasti Bogor pada tahun 942; dan sebagainya. Prasasti-prasasti tersebut menggunakan bahasa Melayu kuno.

        Bahasa Indonesia sendiri berasal dari bahasa Austronesia. Secara harfiah Austronesia berarti “kepulauan selatan” (Latin: australis `selatan` dan nesos/nesia `pulau`). Rumpun bahasa Austronesia terbagi atas beberapa kelompok. Dua kelompok utama ialah bahasa Taiwanik dan bahasa Melayu-Polinesia. Melayu-Polinesia dibagi menjadi bahasa-bahasa Melayu-Polinesia Barat, Tengah, dan Timur. Bahasa-bahasa Austronesia yang mempunyai jumlah penutur terbesar adalah rumpun bahasa Melayu-Polinesia Barat yang menurunkan bahasa Sundik, yaitu: bahasa Jawa, bahasa Melayu (Indonesia), bahasa Sunda, bahasa Madura, bahasa Aceh, bahasa Batak, dan bahasa Bali.

        Kata Indonesia pertama kali dilontarkan oleh George Samuel Earl, kebangsaan Inggris, dengan menyebut “Indunesia” untuk menamai gugusan pulau di Lautan Hindia. Namun, para ilmuwan Eropa lebih sering menyebut dengan “Melayunesia”. J.R. Logan, kebangsaan Inggris, dalam majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (Volume IV, P.254, 1850) menyebut gugusan pulau di Lautan Hindia dengan Indonesian. Kemudian, Adolf Bastian, kebangsaan Jerman, menggunakan Indonesia dalam bukunya Indonesian Order die Inseln des Malaysichen Archipel, untuk menamai pulau yang bertebaran di Lautan Hindia.

        Dengan demikian, perjalanan sejarah bahasa Indonesia adalah perjalanan panjang yang berbanding lurus dengan perjalanan Indonesia menuju bangsa dan negara yang merdeka. Ada pepatah yang mengatakan: “Bahasa daerah itu pasti, bahasa Indonesia itu wajib, dan bahasa asing itu perlu”. Melalui momen proklamasi ini, mari kita jaga bangsa, negara, dan bahasa kita dari “penjajahan” yang tidak terasa, yakni budaya dan ideologi asing.


disarikan oleh

Heri Isnaini


80 komentar:

  1. Saya sendiri bangga menjadi warga negara Indonesia dan memiliki bahasa indonesia. Jika saya seorang wisatawan asing, menurut saya bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah dipelajari, karena runtuyan kata Bahasa Indonesia ini menggunakan huruf-huruf yang sama seperti bahasa inggris yang mempergunakan huruf a-z untuk membentuk suatu kata.

    BalasHapus
  2. Sesudah membaca artikel saya mengerti penting nya suatu bahasa yaitu menyatukan seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan tidak luput juga dengan bahasa asing yang di perlukan serta lebih mengenal tahap tahap terbentuknya bahasa Indonesia dan sejarahnya yang masa kemasa.

    BalasHapus
  3. Setelah saya membaca artikel ini, saya menjadi lebih terbuka bahwa Bahasa Indonesia itu wajib, bahasa daerah itu pasti, dan bahasa asingpun perlu kita kuasai, sehingga tidak menghilangkan bahasa ibu atau bahasa nasional kita sebagai warga negara Indonesia. Selain itu juga saya memahami bahwa Bahasa Indonesia tuh wajib untuk kita pelajari meski hanya sebatas paham, karena itu merupakan identitas kita dan bagaimana cara kita menghargai para pahlawan dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

    BalasHapus
  4. Setelah saya membaca artikel ini saya merasa pentingnya belajar bahasa indonesia dan mempelajari perjalanan sejarah bahasa indonesia yang baik dan benar

    BalasHapus
  5. Artikel ini membuat saya Dejavu dengan pelajaran SMP saya, mengingatkan tentang awal terbentuknya bahasa Indonesia sama dengan isi dari artikel ini, dengan adanya artikel ini kita lebih mengenal sejarah dari terbentuknya bahasa kita

    BalasHapus
  6. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi lebih bangga menjadi warga negara indonesia, dan juga mengerti betapa pentingnya bahasa indonesia ini. Kita wajib bisa berbahasa indonesia dan juga perlu mengerti bahasa asing.

    BalasHapus
  7. setelah saya membaca artikel ini wawasan saya menjadi lebih terbuka mengenai bahwa bahasa Indonesia itu wajib dan untuk bahasa daerah itu harus bisa dan bahasa asing itu tidak harus semua tapi penting dan saya tahu kenapa bahasa Indonesia wajib di pelajari karena untuk menghargai para pendahulu kita di Indonesia

    BalasHapus
  8. Indonesia di estimasikan untuk memiliki sekitar 700~ an jumlah bahasa daerah. Dengan banyaknya bahasa dan budaya di bangsa ini, saya jadi sadar bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menyatukan dan mengkohesikan seluruh rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  9. Artikel ini sangat penting dan juga sangat berguna bagi pembaca nya

    BalasHapus
  10. Artikel ini meyakinkan saya bahwa bahasa indonesia merupakan identitas negara yang sangat penting. Saya bangga dengan fakta bahwa indonesia memiliki bahasa daerah yang banyak dan beragam namun tetap disatukan dengan bahasa indonesia.

    BalasHapus
  11. artikel ini membuat pemahan saya lebih dalam lagi di mana bahasa indonesia menjadi kan seluruh pulau yang ada di indonesia dapat bersatu dan membuat suatu negara yaitu "indonesia"yang di mana di dalam nya memiliki berbagai adat ,bahasa, budaya, yang sangat beragam sekali .

    BalasHapus
  12. artikel ini bahwa bahasa indonesia adalah penting sebagai warga indonesia karena kalau tidak mempelajarinya kita bisa tidak punya patriotisme terhadap indonesia dan indonesia merupakan tempat yang mempunyai banyak bahasa daerah nya yang beragam dan banyak

    BalasHapus
  13. Bahasa Indonesia adalah bahasa kebanggaan semua daerah di Indonesia berbeda bahasa tetapi di satukan dengan Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  14. Keragaman suku, bahasa, dan budaya tak akan membuat kita terpecahkan,karena hadirnya bahasa indonesia sebagai unsur persatuan.

    BalasHapus
  15. Atrikel ini sangat bermanfaat dan membierikan pengetahuan baru untuk saya

    BalasHapus
  16. Setelah saya mengetahui artiker tersebut saya merasa senang karena menambah wawasan yang sebelumnya saya tidak ketahui seperti artiker diatas yang menerangkan tentang ihwal bahasa Indonesia dan setelah baca dengan seksama saya menjadi mengetahui asal mula bahasa Indonesia dan saya bangga dengan bahasa saya pakai saat ini

    BalasHapus
  17. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang kaya akan bahasa daerahnya tetapi dari banyaknya bahasa daerah tersebut tidak membuat bangsa ini terpecah belah dikarenakan kita memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia.

    BalasHapus
  18. Setelah membaca artikel ini, saya mengetahui sejarah Bahasa Indonesia. Ada papatah yang mengatakan "Bahasa daerah itu pasti, Bahasa Indonesia itu wajib, Bahasa Asing itu perlu" hal itu menunjukan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara kita yang pastinya semua orang bisa berbicara bahasa Indosesia

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas artikel yang informatif mengenai ihwal bahasa indonesia. Menggunakan bahasa Indonesia dan juga bahasa daerah adalah bentuk ekspresi identitas nasional masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  21. artikel ini sangat bermanfaat dan setelah membaca artikel ini kita sebagai warga Negara Indonesia harus bangga untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk menghargai perjuangan pahlawan di masa lalu.

    BalasHapus
  22. artikel ini sangat bermanfaat , setelah saya membaca artikel ini kita sebagai warga indonesia harus bangga dengan bahasa kita , dan harus menggunakannya dengan baik dan benar

    BalasHapus
  23. Saya senang setelah membaca artikel ini karena saya dapat mengetahui sejarah bahasa Indonesia

    BalasHapus
  24. dari artikel diatas kita bisa belajar atau mengerti bahwa bahasa dengan ragamnya tetap penting dan kita butuhkan untuk kehidupan kita.

    BalasHapus
  25. Artikel ini memberikan edukasi kepada saya tentang sejarah bahasa Indonesia menjadi bahasa negara Indonesia saat ini, sehingga wawasan saya bertambah dan menjadi bangga sebagai warga negara Indonesia

    BalasHapus
  26. Melalui sejarah adanya bahasa Indonesia, kita sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan

    BalasHapus
  27. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yangg wajib di pelajari dan di pahamii oleh warga negara nya. Karna dalam berbahasa kita bisa mencerminkan suatu perilaku atau sifat yang di pandang oleh banyakk orang

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  30. Setelah membaca artikel ini saya menjadi tau tentang sangat luasnya Indonesia

    BalasHapus
  31. Bahasa Indonesia wajib diketahui dan pahami

    BalasHapus
  32. Artikel ini sangat bermanfaat bagi kita dan menambah wawasan lebih luas

    BalasHapus
  33. Menambah wawasan saya tentang sejarah Indonesia termasuk peristiwa proklamasi

    BalasHapus
  34. karena bahasa merupakan lambang bunyi yang digunakan untuk berkomunikasi dan untuk mengidentifikasi diri sehingga terdapat pemahaman. sehingga bahasa indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus pemersatu.

    BalasHapus
  35. Artikel ini menambah wawasan saya sebagai pembaca menjadi lebih luas

    BalasHapus
  36. artikel yg menambah wawasan saya dan mengetahui latar belakang bahasa indonesia

    BalasHapus
  37. Artikel ini selain menambah wawasan para pembaca bahasanya mudah di mengerti

    BalasHapus
  38. artikel ininsangat bermanfaat sekali bagi lami mahasiswa yang untuk membuat kita lebih mengeeti akan ihwal bahasa indonesia,artikel yang sangat membangun

    BalasHapus
  39. Penjelasannya bagus banget, sangat informatif menarik untuk dibahas dan diulas bersama sama

    BalasHapus
  40. dari artikel ini, saya bisa mengetahui sejarah dari Bahasa Indonesia. bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara kita, dari setiap luasnya indonesia semunya bisa menggunakan bahasa indonesia. kita sebagai warga negara Indonesia harus lebih mencitai bahasa Indonesia dengan mengingat perjuangan para pahlawan untuk menjadikan Indonesia merdeka, menggunakan bahasa indonesia dengan benar dan selalu menjunjung tinggi bahasa indonesia.

    BalasHapus
  41. artikel yang sangat bermanfaat. dengan adanya artikel ini, membuat saya tau serta mengerti tentang awal mula bahasa indonesia ada dan pada peristiwa apa bahasa ini dapat digunakan secara sah.

    BalasHapus
  42. artikel ini sangat bagus,menarik dan sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  43. Beragam bahasa daerah yang ada di indonesia tidak akan menjadikan kita terpecahkan , karena ada bahasa indonesia yang bisa memudahkan bangsanya untuk bersatu.

    BalasHapus
  44. Ternyata sejarah Indonesia yang belum saya ketahui bisa saya dapatkan di artikel ini tentang beragam bahasa daerah dan bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu bangsa

    BalasHapus
  45. Melalui artikel ini saya mengetahui betapa pentingnya bahasa indonesia, perjalanan sejarah yang panjang tentang bahasa Indonesia, dengan berbagai macam bahasa daerah yang ada tetapi disatukan oleh bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  46. Artikel yang Bapak tulis sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan seputar bagaimanasih perkembangan bahasa Indonesia yang mulanya tidak dikenali, menjadi bahasa pemersatu bangsa hingga Nasional. Dan tentunya saya sangat bangga akan bahasa Indonesia itu sendiri, artikel yang di tulis sangat informatif dan mudah kita serap inti dari tulisan dan tujuannya. Akan tetapi sayangnya, saya beropini bahwa bahasa Indonesia kerapkali tergantikan oleh bahasa-bahasa asing, atau bahkan bahasa Indonesia telah dicemari dan di salah gunakan artikulasinya. Lantas, bagaimana untuk menyikapi hal tersebut?

    BalasHapus
  47. setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih terbuka bahwa Bahasa Indonesia itu wajib, bahasa daerah itu pasti, dan bahasa asing pun perlu kita kuasai, sehingga tidak menghilangkan bahasa ibu atau bahasa nasional kita sebagai warga negara Indonesia. Dan tentunya saya sangat bangga akan bahasa indonesia itu sendiri .

    BalasHapus
  48. Setelah saya membaca artikel ini akhirnya saya mengetahui bahwa betapa pentingnya bahasa indonesia bahwa bahasa Indonesia sendiri memiliki sejarah panjang akan pembentukannya meski banyak sekali bahasa daerah namun dapat disatukan oleh bahasa indonesia.dan tentunya saya bangga sekali menjadi warga negara Indonesia

    BalasHapus
  49. terimakasih, dengan adanya artikel ini menambah wawasan saya tentang pentingnya bahasa Indonesia, dan sejarahnya, juga membuat saya lebih bangga menjadi warga negara Indonesia yang berbahasa Indonesia.

    BalasHapus
  50. Penjelasannya membuat saya jadi tahu akan sejarah Bahasa Indonesia dibuat untuk menjadi bahasa pemersatu serta pertama kalinya kata Indonesia diungkapkan. Artinya penjelasan ini sangat informatif.

    BalasHapus
  51. Kalimat yg disajikan mudah untuk dimengerti (Nadzifa kairunnisa pramesti)

    BalasHapus
  52. artikel yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  53. setelah saya membaca artikel ini menjadi paham perjalanan sejarah bahasa Indonesia adalah perjalanan panjang yang berbanding lurus dengan perjalanan Indonesia menuju bangsa dan negara yang merdeka

    BalasHapus
  54. artikel ini sangat informatif dan membuat saya menjadi lebih bangga menjadi salah satu warga negara indonesia dan menggunakan bahasa indonesia

    BalasHapus
  55. Artikel yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang bagaimana sejarah perkembangan bahasa Indonesia, Sebagai generasi bangsa kita harus lebih bijak lagi dalam menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, memperdalam penggunaan bahasa indonesia agar bahasa indonesia tidak punah akibat bahasa gaul yang kekinian.

    BalasHapus
  56. Bahasa Indonesia melewati perjuangan bersama para tokoh pejuang Indonesia sehingga akhirnya disepakati menjadi bahasa Nasional dan identitas tersendiri bagi Indonesia, serta mempersatukan Indonesia yang berawal memperjuangkan daerahnya masing-masing menjadi satu kesatuan untuk memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

    BalasHapus
  57. Nicee!!! Artikel ini bersifat edukasi tentang sejarah indonesia , guna sebagai menambah wawasan kita terhadap sejarah indonesia sehingga membuat kita menjadi semakin bangga sebagai manusia yang lahir di negara indonesia inii.

    BalasHapus
  58. setelah membaca artikel ini saya jadi mengetahui sejarah Bahasa Indonesia, dan kita harus menjunjung tinggi Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  59. Artikel ini mudah dipahami, Bahasa Indonesia mengakar pada bahasa melayu karena bahasa melayu sudah dipakai sejak pertengahan abad VII. Kita patut bangga dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik karena Bahasa Indonesia ini sejalan dengan perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan.

    BalasHapus
  60. Artikelnya sangat bagus bapak dan juga sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan mengenai perkembangan bahasa Indonesia yang awal mulanya tidak banyak diketahui oleh orang-orang dan akhirnya menjadi bahasa pemersatu bangsa hingga internasional. Iya Akan tetapi sangat disayangkan untuk saat ini apalagi di zaman era modern ini bahasa Indonesia kerap kali tergantikan oleh bahasa asing

    BalasHapus
  61. Melalui artikel ini, ternyata perjalanan Bangsa Indonesia untuk mempunyai Bahasa yang digunakan sekarang ini sangat panjang. Banyak sejarah dan peristiwa yang sudah dilalui dan tentunya tidak mudah, jadi kita harus bangga mempunyai Bahasa kesatuan yaitu Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  62. Penjelasan nya sangat luar biasa keren

    BalasHapus
  63. Artikel ini sangat bermanfaat serta dapat memperluas wawasan bagi si pembaca karena di dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman bahasa daerah, namun mereka tetap bersatu akibat adanya bahasa Indonesia itu sendiri. Bahasa Indonesia itu sendiri adalah Bahasa Nasional dimana Bahasa Indonesia disini adalah identitas negara. AYO BANGGA BERBAHASA INDONESIA!

    BalasHapus
  64. penjelasan yang sangat keren,bangga berbahasa Indonesia

    BalasHapus
  65. Sangat rinci dan juga dapat di pahami dengan sekali tangkap, ini sangat bermanfaat bagi pembaca karena dapat memperluas ilmu dan juga wawasan terhadap Indonesia, bahwasanya Indonesia itu memiliki banyak sekali ragam budaya/ keragaman

    BalasHapus
  66. Artikel yang sangat bermanfaat, setelah saya membaca artikel ini saya merasa senang karena menambah wawasan yang sebelumnya saya tidak tau, artikelnya menjelaskan tentang ihwal bahasa Indonesia atau asal usul bahasa Indonesia

    BalasHapus
  67. Bahasa Indonesia merupakan identitas negara yang sangat penting, kita juga wajib menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa utama, Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing merupakan slogan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang tersirat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009

    BalasHapus
  68. ternyata perjalanan Bangsa Indonesia untuk mempunyai bahasa sangat panjang. banyak sejarah juga peristiwa yang sudah dilalui dan tentunya itu tidak mudah, jadi kita harus bangga mempunyai Bahasa kesatuan yaitu Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  69. ini memberikan arti bahwa bahasa Indonesia sangat penting bagi bangsa kita karena sejarahnya yang panjang dengan begitu sebagai sudah sepatutnya kita bangga terhadap apa apa yang menjadi budaya untuk pemersatu bangsa termasuk Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  70. artikelnya bagus, saya jadi mengetahui tentang sejarah Indonesia. artikel ini juga menambah wawasan saya betapa penting nya bahasa Indonesia. kalimatnya pun mudah dimengerti

    BalasHapus
  71. Artikel ini mampu memberikan pengetahuan untuk para pembaca mengenai "Bahasa Indonesia"

    BalasHapus

  72. bahasa indosia sangat penting bagi warga negaranya itu sendiri karena indonesia memiliki ragam bahasa namun tetap harus bersatu menggunakan bahasa indosia

    BalasHapus
  73. Bahasa Indonesia sangat beragam. Dari Sabang sampai Merauke berbagai bahasa di Indonesia kita lestarikan. Tetapi bukan berarti kita tidak harus mempelajari Bahasa asing, karena bahasa asing apalagi bahasa Inggris termasuk bahasa internasional harus kita pelajari. Bahasa daerah itu pasti, bahasa Indonesia itu wajib, dan bahasa asing itu perlu”dan pepatah ini sangat amat setuju dengan kita menjadi multi bahasa maka semakin besar wawasan kita terhadap bahasa.

    BalasHapus
  74. Alhamdulillah setelah membaca artikel ini menambah pengetahuan saya mengenai Bahasa Indonesia. Tentu saja Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang utama karena satu bahasa yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang Indonesia yang berbeda suku dan berbeda bahasa daerah. Maka dari itu, Bahasa Indonesia menjadi bahasa kesatuan.

    BalasHapus
  75. bermanfaat sekali menambah pengetahuan saya tentang ihwal bahasa Indonesia, ternyata prosesnya sangatlah panjang. menarik sekali

    BalasHapus
  76. wahh sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai bahasa indonesia

    BalasHapus
  77. artikel ini membahas bagaimana peran dari Bahasa Indonesia ini sangat penting dalam menyatukan bangsa Indonesia yang memiliki perbedaan suku, budaya, bahasa dan lainnya.

    BalasHapus
  78. Artikel ini membuat saya semakin bangga pada negara Indonesia. Negara Indonesia yang memiliki begitu banyak bahasa daerah namun ketika kita bertemu dengan orang yang berbeda daerah kita masih dapat berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Indonesia

    BalasHapus
  79. Perjalanan panjang bangsa dan bahasa Indonesia untuk menjadi seperti saat ini. Artikel ini sangat baik dalam mengajarkan kita untuk terus menjunjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia agar tetap terjaga dan lestari.

    BalasHapus
  80. Bahasa indonesia persatuan Indonesia, yang dimana kita harus bisa menyatukan bahasa kita yakni bahasa Indonesia sehingga dalam persauraan dari dulu bisa kokoh dan bisa tegak seperti ketika mengibatkan bendera indonesia ketika upacara.

    BalasHapus

Ihwal Tasawuf

  (Sumber gambar: https://langgar.co/) I stilah tasawuf berkembang pada abad III Hijriyah atau sekitar abad IV Masehi, yang sebelumnya diawa...