Postingan Populer

Minggu, 12 Februari 2023

Legenda Sangkuriang dan Transformasinya dalam Karya Sastra

 

sumber gambar: https://www.dailysia.com/

Legenda Sangkuriang telah menjadi legenda yang paling dikenal masyarakat Sunda (Jawa Barat). Legenda ini menjadi legenda yang selalu dihubung-hubungkan dengan asal mula Gunung Tangkuban Prahu dan Lembah Bandung. Legenda Sangkuriang memiliki beberapa versi yang berbeda. Versi-versi ini terbentuk karena sifatnya yang dinamis dalam tradisi lisan. Legenda Sangkuriang mengalami transformasi tidak hanya ke dalam bentuk sastra tulis, tetapi bertransformasi pula ke dalam bentuk drama dan film.

Legenda Sangkuriang dapat dikatakan sebagai sebuah gambaran masyarakat Sunda yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kesopanan serta penolakan mereka terhadap inses. Sebab, dalam beberapa versinya Sangkuriang selalu gagal menikahi Dayang Sumbi yang notabene adalah ibu kandungnya sendiri. Transformasi Legenda Sangkuriang dari tradisi lisan menjadi tradisi tulis/cetak, memiliki keunikan tersendiri. Artinya, perbedaan ataupun persamaan antara keduanya sangat menarik untuk diteliti. Kita akan ”menemui” Sangkuriang dari versi lisan dengan Sangkuriang versi Utuy Tatang Sontani, Sang Kuriang, yang sudah jelas-jelas merupakan transformasi dari versi legenda lisannya.

Pada versi tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, Sangkuriang digambarkan sebagai sosok laki-laki sakti mandaraguna, dia adalah pemimpin para siluman, dia mampu membendung Sungai Citarum untuk dibuat telaga dan dia juga sanggup membuat perahu hanya dalam waktu semalam. Berbeda dengan penggambaran Sangkuriang versi Utuy Tatang Sontani, Sang Kuriang, Sangkuriang digambarkan sebagai seorang tokoh manusia yang mempunyai keteguhan dan prinsip yang kuat, dia tidak sakti, dia bukan pemimpin para siluman, dia hanya manusia yang sedang mencari kebenaran.

            Perbedaan penggambaran tersebut merupakan buah dari transformasi yang dilakukan Utuy pada drama yang ditulisnya. Utuy melihat bahwa dalam teks lisan, Sangkuriang menjadi tokoh antagonis yang selalu salah (pada berbagai versi tradisi lisan). Dalam dramanya, Utuy mengubah citra Sangkuriang sebagai tokoh antagonis menjadi tokoh yang kuat, teguh, dan mempunyai prinsip. Sangkuriang berani melamar Dayang Sumbi karena keyakinannya kalau Dayang Sumbi bukan ibunya. Alasan keyakinan Sangkuriang sangat berdasar, dia mengatakan bahwa kelahiran dirinya tidak disaksikan oleh orang lain. Sehingga dia sangat patut “curiga” akan kebenaran legenda bahwa dia adalah anak Dayang Sumbi dan Bujang tunadaksa (Tumang).

Keteguhan prinsip Sangkuriang versi Utuy ini dapat dilihat sampai akhir teks drama yang ditulisnya yaitu ketika Sangkuriang memilih mengakhiri hidupnya dengan menusukkan kujang yang juga digunakan Dayang Sumbi. Peristiwa ini mengingatkan kita pada peristiwa hara-kiri di Jepang. Upaya bunuh diri di Jepang adalah upaya untuk menyelamatkan prinsip dan harga diri serta keteguhan keyakinan yang dianut dan itu pula yang dilakukan oleh Sangkuriang pada teks drama Utuy.

Transformasi yang dilakukan Utuy dalam naskah drama Sang Kuriang menjadi antitesis dalam legenda versi tradisi lisan. Sangkuriang digambarkan dalam dua kutub yang berbeda. Keduanya seperti tarik-menarik dalam alur dan sekuen legenda sehingga ciri-ciri dari legenda tersebut tetap ada. Hal yang paling unik dari kedua certita tersebut adalah penolakan terhadap inses. Legenda Sangkuriang menjadi salah satu penjaga norma tentang tidak diperkenankannya inses dalam budaya Sunda. Hal ini tergambar dalam legenda Sangkuriang versi tradisi lisan ataupun versi transformasinya.


Disarikan oleh

Heri Isnaini

76 komentar:

  1. Menurut saya cerita Sangkuriang , memberi pesan yang baik

    BalasHapus
  2. Resti Kusmiati XII IPS 2
    Cerita legenda Sangkuriang ini terdapat beberapa versi tetapi sama-sama memberikan pelajaran hidup yang dapat kita ambil, tentang sifat pekerja kerasnya, kegigihannya juga kesabaran dalam mencapai sebuah tujuan.

    BalasHapus
  3. singkat padat dan jelas dalam penyajian artikel nya menarik membuat saya minat untuk baca, memang cerita Sangkuriang ini sangat memberikan pesan yang baik

    BalasHapus
  4. cerita Sangkuriang ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kesopanan serta penolakan mereka terhadap inses.

    BalasHapus
  5. Membuat versi lain dr cerita legenda menurut saya boleh-boleh saja asal tidak mengubah seluruh cerita aslinya menjadi cerita yg sgt berbeda

    BalasHapus
  6. Cerita yang sangat bagus dan menarik, juga banyak terselip pesan-pesan dibalik cerita ini

    BalasHapus
  7. cerita legenda sangkuriang sudah begitu melekat pada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di darah Jawa Barat. Banyak peean moral yang dapat di ambil dari cerita ini, akan lebih baik jika, transformasi yang di lakukan tidak terlalu jauh dari cerita aslinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transformasi bisa mempertahankan tema utuh dalam cerita aslinya. Ada juga yang menggunakan dekonstruksi, yakni memutarbalikkan dari cerita aslinya

      Hapus
  8. Artikel yang bagus dan menarik

    BalasHapus
  9. Artikelnya seru bagus dan menaeik sekali

    BalasHapus
  10. Adanya transformasi dalam cerita sangkuriang merupakan suatu hal yang kreatif. Namun bagi saya sendiri, transformasi yang dilakukan memiliki akhir cerita yang berbeda dari cerita legenda aslinya.

    BalasHapus
  11. Artikel nya bagus , dan saya dapat memahami bagaimana legenda Sangkuriang yang populer di masyarakat Sunda ( Jawa Barat) serta terselip pesan pesan yang penuh makna akan budaya

    BalasHapus
  12. Dari artikel ini saya lebih mengkritik bagaimana si tranformasi ini menjadi sebuah cerita legenda yang berbeda, yang menimbulkan beberapa persfektif yang berbeda - beda sehingga membuat para pembaca yang tau asal muasal sebelumnya menjadi kebingungan. Tetapi disisi lain ada sisi inisiatif dan kreativitasnya tersendiri sehingga dapat menarik para pembaca dari sebuah cerita legenda sangkuriang ini.

    BalasHapus
  13. Cerita yang singat dan menyenangkan untuk dibaca

    BalasHapus
  14. Cerita yang variatif menggambarkan tentang ada dua unsur versi yaitu utuy Tatang sutani dan lisan dua unsur menarik yang di transformasikan menjadi kesatuan yang menjadi tidak merusak cerita aslinya

    BalasHapus
  15. Artikel yang bagus, karena ceritanya singkat tetapi jelas

    BalasHapus
  16. Menurut saya mungkin Legenda Sangkuriang memiliki transformasi cerita yang cukup banyak berdasarkan lisan ataupun dari mulut ke mulut, tetapi hikmah dari cerita-ceritanya adalah; kita harus gigih, bekerja keras, pantang menyerah dan harus berfikir rasional dalam kehidupan sehari-hari kita.

    BalasHapus
  17. Legenda sangkuriang tersebut bukan hanya sekedar cerita, melainkan menjadi salah satu identitas bagi suatu daerah. mengembangkan cerita agar terlihat menarik.

    BalasHapus
  18. legenda sangkuriang ini merupakan legenda yang cukup dikenal masyarakat Indonesia, dimana banyak pesan mooral yang diambil dari legenda ini.

    BalasHapus
  19. Cerita yang sangat menginspirasi dan sangat bagus untuk di baca

    BalasHapus
  20. Legenda sangkuriang versi tradisi lisan mungkin sudah terlalu melekat di benak masyarakat terutama masyarakat dulu. Dengan adanya transformasi, legenda ini akan lebih mudah diterima di masyarakat kalangan generasi z meskipun ada beberapa perubahan. Dari cerita utuy mungkin sebagian serita sudah berubah namun masih memiliki nilai moral yang sama.

    BalasHapus
  21. Dari artikel ini, saya menjadi tahu tentang legenda Sangkuriang ada dua versi yaitu tradisi lisan dan utuy Tatang Sontani. Hal yang paling unik dari kedua cerita tersebut adalah penolakan terhadap inses, tergambar dalam legenda Sangkuriang versi tradisi lisan ataupun versi transformasinya.

    BalasHapus
  22. dari cerita legenda sangkuriang yang memiliki 2 versi ini ada satu pesan moral yang dapat di petik terlepas dari sangkriang ini baik atau jahat ada satu pesan yang kita petik ialah jangan mudah menyerah dan kita dapat tetep teguh pada sesuatu yang ingin kita mulai atau sudah di mulai tetaplah teguh pada pendirian kita sendiri.

    BalasHapus
  23. legenda cerita sangkuriang menurut sayaa cerita yang cukup tidak masuk akal dan aneh nya masih banyak orng yg mempercayai legenda tersebut padahal dari awal cerita saja sudah tidak logis, namun di balik itu semua ada hikmah yang bisa kita ambil yaitu pantang menyerah nya sifat sangkuriang, dan cerita ini juga menjadi iconic suatu tempat untuk memajukan pariwisata agar masyarakat lebih tertarik datang ketempatnya karena cerita legenda nya itu

    BalasHapus
  24. Legenda Sangkuriang ini salah satu legenda yang banyak dikenal oleh masyarakat, tentunya dalam legenda ini banyak pesan moral yang kita dapat.

    BalasHapus
  25. Sangkuriang adalah legenda yang banyak dikenal oleh masyarakat banyak pesan yang bisa kita ambil dari ceritanya

    BalasHapus
  26. legenda Sangkuriang yang menarik, saya jadi mengetahuinya.

    BalasHapus
  27. Legenda ini sangat menarik dan banyak pesan moral yang bermanfaat bagi kita dan sangat menginspirasi

    BalasHapus
  28. Cerita rakyat Sangkuriang ini sangat terkenal di telinga banyak orang karena cerita nya yang menarik

    BalasHapus
  29. Dari cerita sangkuriang kita dapat belajar bagaimanapun rintangan nya, tidak ada kata gagal sebelum kita menyerah. Artikelnya mantap 👍

    BalasHapus
  30. legenda sangkuriang ini saya sudah tau ceritanya sejak kecil dan sampai sekarang saya suka membaca legenda ini

    BalasHapus
  31. Cerita Rakyat sangkuriang ini mempunyai banyak versinya karena disampaikan dari mulut ke mulut namun memiliki pesan moral yang sama pada akhir ceritanya, menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  32. Cerita legenda sangkuriang yang menarik untuk dibaca dan ada pesan pesan dibalik cerita ini

    BalasHapus
  33. Cerita rakyat atau biasa didengar dongeng sangkuriang memiliki berbagai macam versi. Cerita rakyat bertransformasi secara lisan. Walau begitu kita harus tetap mempertahankan dan menceritakan cerita rakyat legendaris sangkuriang ke anak/cucu kita nanti

    BalasHapus
  34. Cerita yang sangat bagus,menarik, juga banyak terselip pesan-pesan dibalik cerita ini

    BalasHapus
  35. Banyak yang saya pelajari soal Sangkuriang, yang mana dahulu saya hanya tau ini sebagai kisah pengantar tidur tanpa serinci ini, sehingga wawasan saya menjadi bertambah

    BalasHapus
  36. sangat menarik untuk di baca karena legenda sangkuriang merupakan cerita masyarakat jawa barat .

    BalasHapus
  37. Penggambaran dari cerita artikel ini bagus menarik, membuat saya teringat kembali cerita yang dahulu disampaikan oleh orang tua saya

    BalasHapus
  38. Akhirnya saya mengerti tentang kisah Sangkuriang berkat artikel ini secara jelas dan lugas

    BalasHapus
  39. saya sangat suka dengan ceritanya dan sangat menarik ( Syakilla putri syahrani )

    BalasHapus
  40. artikel nya sangat menarik dan bermanfaat bagi orang yang belum tahu dan mengerti tentang kisah sangkuriang

    BalasHapus
  41. pada cerita rakyat legenda sangkuriang banyak sekali pelajaran yang kita dapatkan dari perbandingan baik dan buruk antar tokoh yang tercermin pada tokoh Sangkuriang dan Dayang Sumbi, seperti nilai kesabaran, harga diri, kebaikan, cerminan hidup, kesejahteraan.

    BalasHapus
  42. ceritany bagus & menarik ( Nazma Zulfa S )

    BalasHapus
  43. cerita sangkuriang adalah legenda yang sangat disukai oleh orang2 dab menjadi ikonik salah satu wisata kota bandung

    BalasHapus
  44. artikel ini sangat bermanfaat karena selain menjadi cerita anak, cerita ini juga mengandung legenda yang dapat dipelajari isi isinya.

    BalasHapus
  45. Dari cerita tersebut selain mendapatkan pembelajaran mengenai nilai nilai adat yg sudah ada sejak jaman dahulu, kita juga dapat meningkatkan kreatifitas dengan adanya transformasi dan dekontruksi pada cerita sangkuriang ini.

    BalasHapus
  46. Sedari kecil kita memang sudah tidak asing dengan legenda sangkuriang ini karena diceritakan dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi. Dan sangat menarik untuk dibaca apalagi mengambil latar ditanah Sunda. Bagi masyarakat di tanah sunda kisah ini sering dikaitkan dengan asal usulnya gunung tangkuban perahu yang memang gunung tersebut benar adanya

    BalasHapus
  47. Cerita atau dongeng tentang Sangkuriang merupakan hal yang sangat lumrah terutama pada generasi yang senang membaca sedari dulu. Terlepas dari fakta ataupun bukan, dengan adanya cerita legendaris ini membuat para pembaca 'peka' dan 'faham' makna dari cerita yang ditulis. Kita harus senantiasa berfikir sebelum bertindak. Tatakrama, etika dan sopan santun sangat oenting untuk bisa mendapatkan penghargaan dari orang lain, karena kebaikan yang kita tanamkan akan selalu kembali lagi kepada kita.

    BalasHapus
  48. Legenda Sangkuriang merupakan legenda Jawa barat. Yg menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kesopanan yang ada di tanah sunda

    BalasHapus
  49. Dalam artikel ini kita dapat dari Legenda Sangkuriang ini adalah Bersikaplah untuk jujur karena kejujuran akan membawa kebaikan dan kebahagiaan di kemudian hari. Perbuatan curang akan merugikan diri sendiri serta bisa mendatangkan musibah bagi diri sendiri ataupun orang lain

    BalasHapus
  50. Cerita legenda yang menarik pembaca dan didalamnya terkandung pesan pesan bagi para pembaca

    BalasHapus
  51. Artikel yang bagus karena isinya yang singkat namun jelas untuk dipahami

    BalasHapus
  52. Artikel ini sangat bermanfaat ceritanya sangat bagus dan menarik, banyak sekali pelajaran yang kita dapatkan dari yang baik sampe buruk, dan nilai adat yang sudah ada sejak zaman dahulu dan menjunjung tinggi nilai adat dan kesopanan yang ada di tanah Sunda. Legenda Sangkuriang merupakan legenda Jawa barat

    BalasHapus
  53. banyak pesan dan makna yang terdapat dalam artikel ini

    BalasHapus
  54. cerita yang sudah berkali kali dibaca tapi masih saja tetap seru, apalagi ditambah dengan banyaknya pesan yang terkandung didalamnya

    BalasHapus
  55. Transformasi Sangkuriang ini sangat berkesan baik dari yang asalnya Sangkuriang antagonis menjadi protagonis dan banyak nilai budaya dan sosial yang terkandung dalam cerita Sangkuriang ini.

    BalasHapus
  56. Pernah menemukan naskah dongeng Sangkuriang di kumpulan dongeng untuk anak SD di salah satu artikel. Cerita yang saya baca sangat berbeda dengan cerita aslinya. Dari sana saya berpikir, apakah naskah dongeng harus diubah sesuai jenjang usia? Karena menurut saya ketika alur cerita bergeser dari cerita aslinya akan merubah makna di dalam cerita, meskipun tidak seluruhnya.

    BalasHapus
  57. Cerita legenda Sangkuriang boleh saja mengalami transformasi dalam meresureksi alur ceritanya. Tetapi, tetap tidak mengurangi esensi nilai kearifan lokal yang terkandung dalam cerita tersebut.

    BalasHapus
  58. Cerita Sangkuriang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi pembacanya. Meskipun kini cerita Sangkuriang memiliki berbagai versi. Tetapi, sisi positif dari cerita tersebut menjadi point yang paling penting bagi pembaca. Meskipun cerita Sangkuriang memiliki berbagai versi, yang terpenting ialah cerita tersebut tetap melegenda dalam cerita masyarakat.

    BalasHapus
  59. Artikel ini memaparkan Legenda Sangkuriang dan Transformasinya dalam Karya Sastra oleh Heri Isnaini, mulai dari Sangkuriang yang digambarkan sebagai sosok laki-laki sakti mandaraguna hingga Legenda Sangkuriang menjadi salah satu penjaga norma tentang tidak diperkenankannya inses dalam budaya Sunda tersirat secara mendetail.

    BalasHapus
  60. legenda sangkuriang ini sangat populer khususnya masyarakat sunda, meskipun legenda sangkuriang ini mengalami transformasi dengan versi yang berbeda, namun ceritanya tetap menarik khususnya bagi saya sendiri.

    BalasHapus
  61. Mantapp sekali!!. Artikel yang sangat bermanfaat, memberi pengetahuan baru pada saya. Waktu kecil, saya hanya tahu kalau karakter tokoh Sangkuriang itu keras kepala sekali tetapi setelah membaca artikel ini saya melihat sisi lain yang positif dari Sangkuriang. Sifatnya yang berpegang teguh pada prinsipnya adalah sifat yang baik bila prinsipnya itu positif. Terima kasih pak, terus berkarya dan sehat selalu..

    BalasHapus
  62. Artikel ini sangat bagus,banyak sekali sisi positif yang terdapat di artikel ini

    BalasHapus
  63. Legenda Sangkuriang memang tak akan lekang oleh zaman, alur cerita yang disajikan begitu menarik walaupun ada pembaharuan didalamnya

    BalasHapus
  64. Ceritanya menarik, cerita dengan versi yang berbeda tetapi ciri ciri dari legendanya tetap ada.

    BalasHapus
  65. Sejak dulu saya selalu bingung dan tidak begitu percaya pada versi-versi cerita Sangkuriang yang berbeda, tetapi setelah membaca artikel ini saya jadi paham jika transformasi atau versi yang berbeda bukanlah sebuah masalah yang besar, asalkan makna dan tujuan di dalamnya tetap sama.

    BalasHapus
  66. Legenda Sangkuriang merupakan salah satu legenda yang sangat populer di masyarakat suku Sunda. Proses perubahan dari tradisi lisan ke bentuk sastra tulis atau cetak, drama, dan film memberikan gambaran yang menarik dan unik. Legenda Sangkuriang menggambarkan masyarakat Sunda yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kesopanan.

    BalasHapus
  67. Artikel ini menarik karena berisi Legenda Sangkuriang dari versi Utuy Tatang Sontani , yang asalnya hanya tau dari versi sebelumnya lalu transformasi menjadi versi yang berbeda, tetapi masih melekat sisi legendanya.

    BalasHapus
  68. Legenda Sangkuriang menjadi salah satu cerita favorit saya karena sejak kecil selalu di dongengi legenda tersebut, tetapi setelah saya membaca artikel ini saya jadi mengetahui ada dua versi dengan penulis yang berbeda. Tetapi kisah legenda nya masih sangat melekat

    BalasHapus
  69. Transformasi legenda Sangkuriang dari tradisi lisan menjadi tradisi tulis menarik. Tokoh Sangkuriang yang semula antagonis menjadi tokoh yang kuat, teguh, dan mempunyai prinsip.

    BalasHapus
  70. Legenda sangkuriang tak luput dari nilai-nilai norma, adat dan budaya. Legenda ini sangat menarik dan populer khususnya dikalangan masyarakat sunda, meskipun legenda sangkuriang ini mengalami transformasi dengan versi yang berbeda-beda namun makna dan tujuan ceritanya tetap sama.

    BalasHapus
  71. Bagus sekali!!. Artikel yang sangat bermanfaat, memberi pengetahuan baru pada saya. Singkat namun gampang dipahami.

    BalasHapus

Ihwal Tasawuf

  (Sumber gambar: https://langgar.co/) I stilah tasawuf berkembang pada abad III Hijriyah atau sekitar abad IV Masehi, yang sebelumnya diawa...