Postingan Populer

Senin, 13 Februari 2023

Sejarah Pendidikan di Indonesia

sumber gambar: https://www.websitependidikan.com/

 

disarikan oleh

Yulia Herliani (Guru SMK Profita Bandung)


Pembahasan mengenai pendidikan di Indonesia selalu menarik untuk didiskusikan. Banyak hal yang menjadikan pendidikan di Indonesia begitu kompleks dan selalu dihadapkan pada tantangan yang tidak mudah. Pada zaman Van Den Bosch (1830-1834) Pemerintah kolonial Belanda membuka sekolah-sekolah untuk keperluan tanam paksa karena mereka memerlukan pegawai yang bisa membaca dan menulis. Pendidikan pada zaman ini masih terbatas untuk pribumi priyayi dan bangsa Belanda yang ada di Nusantara.

        Pada tahun 1892, pemerintah kolonial Belanda membuka sekolah rendah yang diperuntukkan untuk pribumi dan bangsa Belanda. Sekolah tersebut dibagi menjadi 2 macam, yakni Sekolah kelas 2 diperuntukkan pribumi priyayi dengan lama pendidikan 3 tahun yang difokuskan pada pembelajaran berhitung, menulis, dan membaca. Sekolah kelas 1 diperuntukkan bangsa Belanda dengan lama pendidikan 7 tahun yang difokuskan pada pembelajaran ilmu bumi, sejarah, ilmu hayat, menggambar, dan ilmu mengukur tanah. Bahasa pengantar di sekolah-sekolah pada masa itu adalah bahasa Melayu dan Belanda.

        Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, pelaksanaan pendidikan di Indonesias harus berdasarkan UUD 1945. Pada Desember 1945 dibentuklah Panitia Penyelidikan Pendidikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan (PP dan K). Pada masa ini, pendidikan di Indonesia mengalami penyempurnaan. Tujuan pendidikan dan pengajaran di Indonesia adalah membentuk manusia Indonesia yang susila, cakap, demokratis, bertanggung jawab demi kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

        Pelaksanaan pendidikan pada masa Orde Baru didasarkan pada Falsafah Negara Pancasila dengan Ketetapan MPRS No. XXVI/MPRS/1966 Bab II yang bertujuan membentuk manusia Pancasialis sejati berdasarkan UUD 1945 dan isi UUD 1945. Pendidikan pada masa reformasi melalui UU No 22 tahun 1999 pendidikan menjadi sektor pembangunan yang didesentralisasikan. Pemerintah memperkenalkan model “Manajemen Berbasis Sekolah”. Sementara untuk mengimbangi kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas, maka dibuat sistem “Kurikulum Berbasis Kompetensi”.

        Pada tahun 2003 UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) menggantikan UU No. 2 tahun 1989 yang mengubah konsep pendidikan sehingga pendidikan dapat dipahami sebagai "usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan susasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangakan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

        Usaha dan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia terus dilakukan dengan penyempurnaan-penyempurnaan perangkat pendidikan, di antaranya kurikulum. Penggunaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kurikulum 13 (Kurikulum tahun 2013), dengan berbagai revisinya serta Kurikulum Merdeka) adalah bagian dari upaya dan usaha dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Adapun banyak kekurangan di sana sini adalah bagian dari proses dan dinamika dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan. Intinya, pendidikan harus berpedoman pada konsep "memanusiakan manusia secara utuh, seutuh-utuhnya". Apa pun dan bagaimana pun kurikulumnya.

112 komentar:

  1. Pendidikan di Indonesia masih sangat minim untuk bisa mengikuti kurikulum kurikulum yang di inginkan/diberikan oleh mentri pendidikan, karna fakta dilapangannya adalah kebanyakan sekolah, guru, dan siswa masih kesulitan untuk mengikuti kurikulum kurikulum yang diberikan karna fasilitas yang tidak memadai, oleh sebab itu upaya memajukan pendidikan Indonesia harus sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

    BalasHapus
  2. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah saat jaman itu hingga sekarang untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Indonesia memang cukup sulit agar bisa mengikuti kurikulum yang di inginkan, namun itu adalah bagian dari upaya yang dilakukan dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  3. dari dulu hingga sekarang pemerintah selalu mengupayakan sistem pendidikan yang dapat berhasil digunakan oleh siswa dan siswi di indonesia namun penerapannya selalu tidak memadai dan tidak diterapkan secara menyeluruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemerintah Indonesia selalu mengupayakan yang terbaik untuk memajukan pendidikan di Indonesia, karena pendidikan merupakan salah satu bidang yang paling penting yang perlu dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan kualitas hidup rakyat di Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Hanya saja, dalam mengupayakan tersebut pasti ada kendalanya hingga saat ini di Indonesia sistem belajarnya masih belum sempurna atau masih dalam tahap penyempurnaan.

      Hapus
  4. Upaya upaya yang di lakukan pemerintah Dari dulu sampai skrang untuk memperbaiki kualitas pendidikan memang cukup sulit Dan terbukti sampai sekarang pun pendidikan di Indonesia Masih sangat minim jadi harapan Dari saya semoga menjadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dulu hingga sekarang pemerintah berusaha untuk memperbaiki pendidikan namun sampai saat ini upaya upaya itu tidak pernah di terapkan sehingga pendidikan di Indonesia sangat minim,malah di Indonesia sering berganti kurikulum sehingga pendidikan semakin tidak jelas,siswa dan siswi juga akan semakin sulit mengikuti pendidikannya

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Terima kasih, saya jadi tahu lebih lanjut tentang sejarah pendidikan di Indonesia.
    Satu lagi, sejujurnya saya masih sangat berharap kurikulum di Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.

    BalasHapus
  7. Menurutku sistem pendidikan di Indonesia terlalu banyak berganti kurikulum dari tahun ke tahun, hal ini bisa jadi salah satu masalah, sebab warga Indonesia harus selalu beradaptasi dengan kurikulum baru. Jadi pertanyaan, Kalau seandainya kurikulum dari tahun dulu sampai tahun sekarang tetap dan tidak berganti apa yang akan terjadi pada pendidikan di Indonesia? Apakah akan ketinggalan zaman atau mampu menjadi negara yang memiliki banyak SDM-Nya.

    BalasHapus
  8. Artikel ini menarik karena mengenai dunia pendidikan namun menurut ku dunia pendidikan sekarang terlalu banyak berganti kurikulum sehingga para siswa harus slalu beradaptasi dengan hal itu termasuk aku. dan pada zaman sekarang juga banyak sekali orang yang belum tahu tentang seberapa pentingnya dunia pendidikan jadi yang diharapkan adalah pemerintah mencari solusi agar dunia pendidikan ini terus berkembang dan tidak banyak orang yang menyepelekan mengenal dunia pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya guru, kepala sekolah, kepala dinas, atau siapa saja yang berada pada dunia pendidikan akan beradaptasi dengan kurikulum baru. Moga-moga kurikulum apa pun membawa kebaikan untuk kita semua

      Hapus
  9. Indonesia belum menemukan kurikulum yang tepat hingga saat ini. Masih sering gonta ganti kurikulum. Membuat murid dan guru kebingungan. Baru saja adaptasi dengan kurikulum yang sedang berjalan(belum 100% paham) , kurikulum sudah berganti.

    BalasHapus
  10. Cukup menarik dan bahasanya pun mudah dipahami. Dari sini pun kita dapat menambah wawasan tentang sejarah pendidikan Indonesia dan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pendidikan di Indonesia dengan adanya kurikulum tersebut.

    BalasHapus
  11. Artikel ini sangat menarik untuk di baca, juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita tentang sejarah pendidikan di Indonesia

    BalasHapus
  12. Saya suka dengan artikel diatas,karena pembahasan tentang sejarah pendidikan di Indonesia.Tetapi,pendidikan di Indonesia sekrang banyak sekali perubahan kurikulum yang membuat siswa pusing dengan pergantian kurikulum saat ini.

    BalasHapus
  13. artikelnya sangat menarik untuk dibaca dan juga memberikan wawasan tentang sejarah pendidikan di indonesia

    BalasHapus
  14. Menurut saya kualitas pendidikan di Indonesia masih tertinggal dibanding negara-negara berkembang lainnya, karena terjadi kesenjangan pendidikan di sekolah yang wilayahnya di pelosok, banyaknya ketidakmerataan, ketidakadilan,dan ketidaksesuaian dalam menjalankan sistem pendidikan. Seperti minimnya sarana dan prasarana di pelosok negeri, mereka yang tinggal di pelosok sangat susah untuk menemukan akses menuju sekolah yang baik dan memadai dan kebanyakan dari mereka pergi ke sekolah harus melewati jalan yang berbahaya seperti berjalan di jembatan yang roboh/rapuh, hingga menyeberangi sungai.

    BalasHapus
  15. semoga kurikulum di indonesia menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  16. Saya suka dengan artikel diaatas mengenai pendidikan, yang dimana pendidikan di Indonesia masih belum menemukan titik balik supaya bisa berpendidikan yang bagus. Yang dimana belajar itu bisa menyenangkan bukan malah membosankan

    BalasHapus
  17. Sangat menarik, menambah wawasan banyak yang saya betul-betul belum tahu sebelumnya. Semoga pada masa depan Indonesia memiliki sistem pendidikan dan kurikulum yang cocok dan sempurna bagi generasi yang akan datang.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Menurut saya sistem pendidikan di Indonesia ini masih kurang sehingga banyak pelajar yang kesulitan dalam proses pembelajarannya. Seharusnya pemerintah menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan pelajar di Indonesia. Namun, tak lupa saya ucapan terimakasih banyak kepada pihak-pihak yang bekerja keras demi menciptakan penerus bangsa yang berkualitas. Semoga Indonesia dapat segera menyetarakan sistem pendidikannya dengan negara berkembang lainnya.

    BalasHapus
  20. Artikel nya bagus dan menambah pengetahuan serta wawasan saya terutama mengenai sejarah pendidikan di Indonesia serta tahap tahap perkembangan nya hingga di masa kini serta mudah di fahami

    BalasHapus
  21. Setelah membaca artikel ini, saya mempunyai pendapat kritik juga saran terkait pendidikan di Indonesia, dimana di Indonesia harus lebih menanamkan disiplin dan bertanggung jawab, juga pendidikan attitude yang harus ditingkatkan, supaya lebih meningkatkan siswa siswa yang berkualitas. Selain itu juga artikel ini dapat membuat saya bisa tau lebih bagaimana caranya untuk lebih menghargai perjuangan pendidikan di Indonesia melalui pendidikan pendidikan yang saya tempuh sekarang.

    BalasHapus
  22. Kita sebagai mahasiswa seharusnya bisa membuat pendidikan di indonesia lebih baik lagi dan dapat menghargai para pejuang pendidikan di indonesia

    BalasHapus
  23. Menurut saya, pendidikan di Indonesia masih kurang baik. Banyak sekolah yang tidak layak dipakai untuk melaksanakan proses belajar mengajar, dan masih banyak anak-anak di Indonesia yang belum merasakan pendidikan yang layak bahkan sampai putus sekolah. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia memang cukup sulit, dan siswa/i juga cukup sulit untuk beradaptasi dengan kurikulum yang ada. Saya harap pemerintah dan siswa/i dapat bekerja sama untuk memperbaiki dan memajukan pendidikan di Indonesia dengan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  24. Penggambaran pendidikan Indonesia mulai dari zaman kolonial sampai dengan era saat ini dapat kita bayangkan bagaimana para pendahulu kita sangat susah dalam mendapatkan ilmu sementara saat ini banyak sekali orang yang berkeinginan untuk meninggalkan sekolah hanya untuk keren kerenan saja, sehingga sangat disayangkan prilaku pemuda saat ini, dengan adanya artikel ini saya berharap generasi bangsa dapat sadar dan lebih mencintai pendidikan.

    BalasHapus
  25. Menurut saya pendidikan di indonesia saat ini masih sangat tertinggal dibanding negara berkembang lainnya, namun jika dilihat dari zaman dulu pendidikan saat ini sudah sangat baik dikarenakan pada zaman dulu hanya orang tertentu yang bisa mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu kita harus bersyukur bisa mendapatkan pendidikan dengan fasilitas yang baik

    BalasHapus
  26. Ini bercerita mengenai pendidikan di Indonesia menurut saya pendidikan di Indonesia masih sangat rendah di banding negara negara lain menurut saya pendidikan di Indonesia perlu ada pembaharuan atau perkembangan yang signifikan supaya dapat menjadi lebih baik dan merata untuk sektor pendidikan

    BalasHapus
  27. Setelah membaca artikel ini saya menjadi tau bagaimana perkembangan pendidikan Indonesia.

    BalasHapus
  28. Kurikulum pendidikan di indonesia memang belum sebagus di negara maju, karena itu harus terus berupaya untuk membangun dan di sesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Dengan sejarah ini kita bisa belajar banyak dan mengamati situasi di masalalu dan di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  29. dari artikel diatas dapat disimpulkan ternyata dalam pendidikan di indonesia masih banyak kekurangannya, dimana adanya beberapa kurikulum yang masih berlaku, akses pengajaran yang belum lancar serta adanya fasilitas yang masih bellum memadai, dimana ini suatu penghambat dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia..

    BalasHapus
  30. Artikel ini sangat membantu menambahkan ilmu pengetahuan saya tentang pendidikan indosesia sari waktu ke waktu. menurut saya pribadi pendidikan di indonesia masih belum menemukan kurikulum yang tepat untuk memajukan pendidikan di indonesia dan semoga kedepannya pendidikan indonesia akan lebih maju, berkualitas, dan efisien.

    BalasHapus
  31. Setelah membaca artikel ini saya menjadi tau bagaimana perkembangan pendidikan Indonesia. Pendidikan di Indonesia telah ada sejak zaman belanda menduduki Indonesia, setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, pelaksanaan pendidikan di Indonesias harus berdasarkan UUD 1945. Pemerintahan Indonesia selalu mengupayakan yang terbaik untuk memajukan pendidikan Indonesia dari tahun ke tahun dengan adanya kurikulum tersebut.

    BalasHapus
  32. Jika dibandingkan dengan masa kolonial, pendidikan di indonesia ini sudah cukup banyak perubahan nya, tetapi dengan seiring nya waktu dan perkembangan zaman, pendidikan saat ini masih kurang, karena banyak faktor-faktor penghambat untuk melakukan pendidikan yang lebih baik.

    BalasHapus
  33. Masalah pendidikan di Indonesia saat ini merupakan suatu masalah yang kompleks untuk dihadapi oleh para elit bangsa ini. Untuk memperbaiki kualitas pendidikan di indonesia harus dimulai dari penyusunan kurikulum yang tepat untuk dapat diterapkan pada anak anak muda penerus bangsa ini.

    BalasHapus
  34. perjalan seorang pribumi tidak lah mudah untuk menemukan "ilmu" dan dengan saya membaca artikel ini saya jadi mengerti se penting itu suatu pendidikan untuk masa depan kita sebagai penerus bangsa

    BalasHapus
  35. pendidikan di Indonesia menurut saya masih sangat tertinggal jauh dengan negara negara lainnya, selain karena kurikulum yang berganti ganti, minat sekolah dari masyarakat nya pun tidak terlalu antusias dalam hal pendidikan mungkin karena ekonomi di Indonesia juga belum merata dan bantuan biaya sekolah yang sering kali tidak tepat sasaran

    BalasHapus
  36. Pendidikan di indonesia sangat tertinggal menurut saya daripada negara negara lain seperti jepang atau amerika yang dimana anak anak mereka lebih jauh mengetahui apa yang mereka ingin lakukan seperti menjadi guru atau dokter dan juga melihat dari masyarakatnya juga kebanyakan orang orang tidak merasa sekolah atau pendidikan itu penting mereka lebih merasa cuman keharusan bukan keinginan.

    BalasHapus
  37. Menurut saya Pendidikan di Indonesia sedikit tertinggal karena melihat dari jam belajar yang sangat padat tidak seperti di negara lain. Indonesia masih. terlalu lama pada jam pelajaran nya

    BalasHapus
  38. Artikel yang menurut saya bagus dan memberikan wawasan Sejarah Pendidikan Indonesia dari tahun ke tahun. Kita bisa melihat di setiap tahunnya bagaimana Pendidikan Indonesia hingga saat ini. Menurut saya Pendidikan di Indonesia masih sangat tertinggal jauh & kurang efektif karena kebijakan yang selalu berganti di tiap tahunnya

    BalasHapus
  39. artikel yang membantu dalam pembelajaran, memberikan wawasan yang ttg sejarah pendidikan Indonesia

    BalasHapus
  40. Artikel yang sangat bagus dan memberikan wawasan bagaimana sejarah Indonesia ituuu dan perkembangan pendidikan Indonesia belum terlalu berkembang seperti di negara lain

    BalasHapus
  41. Artikelnya sangat bagus untuk memberikan wawasan sejarah pendidikan indonesia

    BalasHapus
  42. Setelah saya membaca artikel ini, saya jadi tau pendidikan di indonesia ini kurang baik jadi kita sebagai mahasiswa atau sebagai bangsa indonesia seharusnya kita bisa merubah dan bisa memajukan bangsa kita di dalam pendidikan

    BalasHapus
  43. Atrikel ini sangat bermanfaat dan membierikan pengetahuan baru untuk saya

    BalasHapus
  44. Artikel ini memberikan informasi tentang perkembangan pendidikan indonesia dari jaman kolonial dan sangat menarik untuk dibaca, menurut saya pendidikan di Indonesia harus terus berkembang karena harus menyeimbangi kemajuan yang sudah ada

    BalasHapus
  45. Artikel ini bagus, memperlihatkan pendidikan Indonesia dari masa ke masa dan juga patut untuk dibaca lebih panjut

    BalasHapus
  46. Untuk saat ini menurut saya pendidikan Indonesia tuh cukup baik tetapi saya berharap kedepannya pendidikan Indonesia bisa lebih baik lagi

    BalasHapus
  47. artikel ini sangat menarik dan menambahkan pengetahuan saya mengenai pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  48. Artikel ini membuat saya mengetahui tentang sejarah pendidikan di Indonesia. Kita sebagai pelajar di Indonesia wajib mengembangkan pendidikan di Indonesia agar generasi muda dapat lebih berkembang yang membuat Indonesia bisa maju

    BalasHapus
  49. Menurut saya Indonesia perlu sistem dan kualitas pendidikan yang lebih baik, penyebaran pendidikan di Indonesia juga harus bisa merata karena adanya kesenjangan antara masyarakat yang ada di perkotaan dan pedesaan, termasuk status ekonomi yang mempengaruhi tingkat lulusan penduduk. Untuk itu pemerintah harus menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, karena pendidikan merupakan hak asasi bagi manusia, maka pendidikan seharusnya dapat diakses dan tidak dibatasi oleh usia, tempat, maupun waktu.

    BalasHapus
  50. Menurut saya artikel ini cukup menarik karena membahas mengenai pendidikan sekarang yang mengganti kurikulum sehingga membuat siswa harus selalu beradaptasi dengan hal itu.

    BalasHapus
  51. masih banyak sejarah sejarah Indonesia yang tersembunyi dan belum terkuak, artikel ini menjelaskan beberapa point yang belum di ketahui dan sangat mudah di mengerti untuk dipelajari lebih lanjut

    BalasHapus
  52. Artikelnya sangat bagus karena bahas tentang sejarah, jadi saya paham tentang sejarah

    BalasHapus
  53. saya sangat berterimakasih sekali dengan artikel ini karna jaman sekrang anak muda kurangnya tertariknakan membahas tentangbsejarah, tapindengann adanya artikel ininsngat mengingatkan saya akan pemtingnya sejarah dan kata kata yangbdibuat dengan sederhana

    BalasHapus
  54. Dengan adanya artikel ini mengingatkan saya seputar pelajaran saya waktu sekolah dahulu, semoga banyak orang yg belajar bagaimana susahnya untuk belajar saat dahulu

    BalasHapus
  55. Setelah membaca artikel ini jadi banyak tau tentang ssjarah indonesia di masa (alifiani vedilla putri)

    BalasHapus
  56. Bagus sekali sangat menarik banget yg mana kita belajar lagi tentang sejarah pendidikan diindonesia

    BalasHapus
  57. saya sangat suka karena jadi lebih tau tentang sejarah pendidikan ( Syakilla Putri Syahrani )

    BalasHapus
  58. perjalanan untuk menyempurnakan pendidikan di Indonesia ternyata memang panjang dan sampai sekarang pun masih terus diperjuangkan hingga merata ke daerah-daerah pelosok, nah masalahnya prioritas pemerintah di negara ini masih terbagi2 mungkin kalo pendidikan bisa diprioritaskan akan mengalami perkembangan yang cepat, semoga pendidikan kita bisa cepat merata dan upah guru-guru di daerah bisa dinaikan

    BalasHapus
  59. artikel ini menarik dan bagus,lalu menurut saya pendidikan di indonesia akan bagus jika di fasilitasi juga dengan baik

    BalasHapus
  60. artikel ini sangat bagus dan menarik ( Nazma Zulfa S )

    BalasHapus
  61. artikel yaang sangat bermanfaat karena saya jadi tau tentang sejarah pendidikan indonesia

    BalasHapus
  62. Dengan membaca ini saya jadi tau tentang sejarah pendidikan di indonesia dan anak muda sekarang harus bisa lebih memajukan pendidikan di masa sekarang dan yang akan datang

    BalasHapus
  63. Dari artikel diatas kita tau bahwa begitu banyak usaha dan upaya dalam memajukan pendidikan di indonesia dari sejak dulu, mulai dari memperbaiki kualitas pendidikan, penyempurnaan perangkat pendidik hingga berbagai revisi dalam perencanaan kurikulum pendidikan demi kemajuan pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  64. Pendidikan ternyata mengalami banyak sekali pembaruan dan perkembangan sampai sekarang, menurut saya dimasa sekarang pendidikan untuk jenjang setelah SMA yaitu sarjana, diploma dan sebagainya sudah sangat baik dengan adanya kampus merdeka dari pemerintah, program magang dan berbagai fasilitasnya yang sangat membantu mahasiswa. Tetapi untuk jenjang SMA dan SMK, jika boleh saya memberikan saran disamaratakan saja dan harus sudah difokuskan pada satu bidang sesuai dengan minat dan bakatnya, sehingga saat ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi siswa sudah memiliki bekal semasa SMA/SMK

    BalasHapus
  65. Artikelnya bagus, menambah wawasan baru tentang sejarah pendidikan di Indonesia. Serta wawasan tentang usaha dan upaya yang dilakukan untuk pendidikan di Indonesia. Semoga sistem pendidikan di indonesia dapat lebih baik lagi kedepannya.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. artikelnya sangat menarik bagi pembaca,dengan artikel ini dapat menambah wawasan tentang pendidikan indonesia (kapriansyah arifin)

    BalasHapus
  68. Pendidikan adalah hal yang paling penting untuk memajukan negeri. Akan tetapi, stigma masyarakat terhadap pentingnya pendidikan di Indonesia dibilang kurang baik karena banyaknya aturan-aturan yang memperumit masyarakat sehingga masyakarat berfikir bahwa pendidikan hanya untuk orang-orang tertentu.
    Harapan ke depan dalam pendidikan yaitu adanya perbaikan terhadap sistem pendidikan yang ada. Harapan besar Indonesia ke depannya mampu memperbaiki sistem pendidikan yang ada. Bukan hanya soal mencari nilai, melainkan juga tentang kualitas dari ilmu pengetahuan yang telah dipelajari.

    BalasHapus
  69. artikelnya sangat bagus dan menarik, dan kita menjadi tahu apa pentingnya pendidikan di indonesia dengan adanya sejarah pendidikan indonesia, karena pendidikan itu penting bagi kita semua untuk tahu caranya berilmu, belajar, beradab dan sebagainya

    BalasHapus
  70. diketahui pendidikan di indonesia itu berkembang seiring dengan perkembangan zaman, dan bisa dikatakan bahwa pendidikan di indonesia itu bagus jika dilaksanakan secara efektif. maka dari itu, baik bagi pelajar, pengajar dan pemerintah secara sadar harus terus melaksanakan serta memajukan pendidikan diindonesia agar tidak tertinggal jauh dengan negara lain.

    BalasHapus
  71. artikelnya menarik karena membaca tentang pendidikan ini menjadi wawasan saya semakin luas , untuk pendidikan di indonesia semog bisa lebih di tingkatkan dalam segala bidangnya agar untuk orang orang yg berpendidikan berkualitas ilmunya

    BalasHapus
  72. Saya menjadi tau tentang sejarah setelah membaca artikel ini ( Nadzifa kairunnisa pramesti)

    BalasHapus
  73. Artikel ini membuat saya mengerti dan tahu sejarah pendidikan di Indonesia serta perubahannya

    BalasHapus
  74. artikel ini sangat bermanfaat untuk wawasan kita bagaimana sejarah pendidikan berkembang dan usaha,upaya yang dilakukan di Negara Indonesia

    BalasHapus
  75. Artikel ini sangat membantu untuk mengetahui sejarah pendidikan di Indonesia

    BalasHapus
  76. Artikel ini telah menjelaskan secara detail tentang sejarah pendidikan Indonesia yang mana hasilnya dapat menjadi bahan kajian dan pembelajaran lagi bagi pemuda pelajar Indonesia

    BalasHapus
  77. artikel ini sangat bagus karena menuliskan tentang sejarah pendidikan indonesia

    BalasHapus
  78. Artikel ini sangat menarik , tentang sejarah pendidikan Indonesia

    BalasHapus
  79. artikel ini memberikan informasi terkait dengan sejarah pendidikan indonesia yang sangat menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  80. Sangat menarik pembaca dan bahasanya pun mudah dipahami. Dari karya tulis ini kita dapat menambah wawasan tentang sejarah pendidikan Indonesia dan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pendidikan di Indonesia dengan adanya kurikulum tersebut.

    BalasHapus
  81. Pendidikan di Indonesia diupayakan untuk terus berkembang, diperbaiki dengan penyempurnaan melalui kurikulum-kurikulum yang terus diperbaharui. Sampai saat ini saya rasa masih belum cukup berkembang secara optimal, pendidikan di Indonesia harus terus dikembangkan agar generasi yang akan mendatang dapat berkembang lebih baik terlebih dalam pola pikir dan karakteristik yang baik.

    BalasHapus
  82. Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk negara ini. Akan tetapi masyarakat kurang open minded terhadap pentingnya di pendidikan di Indonesia yang dibilang mungkin kurang baik ya karena banyak aturan yang mempersulit masyarakat. Harapan kedepannya semoga pendidikan ada perbaikan dalam sistem ajar mengajarnya karena pendidikan bukan hanya mencetak sebuah ijazah akan tetapi juga tentang kualitas dan ilmu pengetahuan yang dapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi warga masyarakat indonesia, akan tetapi masij ada saja yang kurang peduli terhadap pendidikan

      Hapus
  83. Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  84. artikel yang bagus untuk menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia

    BalasHapus
  85. Menambah wawasan tentang pendidikan di Indonesia agar bisa lebih berkembang pada diri kita

    BalasHapus
  86. Artikel ini sangat bagus sekali untuk dibaca karena sangat detail menceritakan tentang sejarah Pendidikan Indonesia Dan juga menambah wawasan sebagai seorang pelajar

    BalasHapus
  87. Artikel yang bagus dan juga menarik, karena menceritakan tentang Sejarah Pendidikan Indonesia sejak pemerintahan kolonial Belanda hingga sekarang

    BalasHapus
  88. pendidikan merupakan hal yang sangat penting di indonesia, akan tetapi masih banyak yg kurang sadar akan hal itu

    BalasHapus
  89. menambah wawasan tentang sejarah pendidikan di indonesia dari tempo dulu hingga kini, semoga kedepannya kurikulum di Indonesia bisa lebih baik dari sekarang

    BalasHapus
  90. artikelnya sangat bagus untuk dibaca karna bisa menambah wawasan kita tentang sejarah pendidikan Indonesia dan juga menambah wawasan para pelajar di Indonesia

    BalasHapus
  91. Sangat bermanfaat, menambah wawasan tentang sejarah pendidikan dahulu di Indonesia hingga masa kini

    BalasHapus
  92. Menurut saya artikel ini sangat menarik karena membahas mengenai sejarah pendidikan di Indonesia sehingga banyak sekali manfaat nya bagi para pembaca

    BalasHapus

  93. artikel ini membuat saya pribadi menjadi tahu akan sejarah pendidikan di indonesia, namun ternyata bila difikirkan lagi sangat disayangkan rakyat indonesia banya yg tidak peduli dengan pendidikan

    BalasHapus
  94. Pendidikan di Indonesia memang dengan seiring berjalan nya zaman, tantangan dan penyesuaian kurikulum pembelajaran masih terdapat pro dan kontra atau sisi positif dan negatif. Tapi semoga kurikulum merdeka ini membawa perubahan yang besar kepada pelajar dan pendidik untuk bisa lebih maju di era modern ini. Lebih mengedepankan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

    BalasHapus
  95. artikel ini banyak memberikan manfaat untuk pengetahuan saya tentang sejarah pendidikan di indonesia

    BalasHapus
  96. Pembahasan mengenai sejarah pendidikan di Indonesia menjadi hal menarik untuk didiskusikan. Pendidikan selalu berkembang dan perkembangannya tidak terlepas dari dinamika dan problematikanya. Mulai dari tidak meratanya kualitas, akses, sarana dan prasarana dll membuat rancangan sistem pendidikan harus selalu disesuaikan. Namun, pendapat penulis artikel juga tepat, pendidikan pada hakikatnya adalah cara untuk memanusiakan manusia.

    BalasHapus
  97. dengan membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa pendidikan di indonesia berubah dari masa ke masa. betapa pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kualitas individu untuk membentuk karakter suatu bangsa.

    BalasHapus
  98. Artikel ini sangat menarik, artikel ini dapat menambah wawasan saya mengenai sejarah pendidikan Indonesia

    BalasHapus
  99. Pembahasan mengenai pendidikan di Indonesia memang selalu menarik perhatian untuk didiskusikan karena banyak tantangan yang harus dihadapi. Sejarah pendidikan di Indonesia telah melalui berbagai fase atau tahapan, sejak zaman kolonial hingga era reformas. Tentunya dengan tujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing. Walaupun masih banyak kekurangan, namun upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan terus dilakukan, termasuk dalam penyempurnaan kurikulum yang berbasis kompetensi.

    BalasHapus
  100. Terima kasih banyak karena telah membuat artikel tentang sejarah pendidikan ini. Saya merasa sangat terbantu dan artikel ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  101. Pendidikan di Indonesia memang belum sebaik negara negara maju di belahan dunia lainnya, namun dengan artikel ini kita diajarkan untuk terus memberikan yang tebaik bagi pendidikan di Indonesia dan janganlah menjelekkan pendidikan di Indonesia tanpa adanya partisipasi dari diri kita untuk pendidikan di negri ini.

    BalasHapus
  102. Menurut saya pendidikan yang ada di indonesia masih kurang baik, di karenakan dalam pembelajaran sangat monoton. Namun kita yakin suatu saat nanti pendidikan yang ada di indonesia bisa menjadi pendidikan yang di akui oleh dunia bahwa pendidikan yang ada di indonesia yang paling baik, maka dari itu kita harus selalu optimis dalam pendidikan yang ada di indonesia.

    BalasHapus

Ihwal Tasawuf

  (Sumber gambar: https://langgar.co/) I stilah tasawuf berkembang pada abad III Hijriyah atau sekitar abad IV Masehi, yang sebelumnya diawa...