Postingan Populer

Rabu, 22 Februari 2023

Polemik Budaya pada Layar Terkembang

sumber gambar: https://ebooks.gramedia.com/

        Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana (STA) adalah novel yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1936 oleh penerbit kolonial Balai Pustaka. Seperti kita ketahui, pada dekade 1920-an, semua bacaan yang beredar di masyarakat harus dibawah naungan Balai Pustaka sebagai satu-satunya penerbit yang mempunyai hak menerbitkan dan mengedarkan bahan bacaan masyarakat. Dengan asumsi bahwa bacaan yang beredar harus “beradab” dan bukan bacaan cabul.

Secara tekstual dan naratif, Layar Terkembang sebetulnya adalah novel yang sangat mudah dipahami dan cenderung “populer”. Akan tetapi, karena yang menerbitkan novel ini adalah Balai Pustaka sehingga Layar Terkembang menjadi novel beradab dibandingkan karya-karya yang diterbitkan di luar Balai Pustaka, Novel Melayu Tionghoa, misalnya. Artinya, pengaruh penerbit pada masa tersebut sangat mempengaruhi novel dan cerita yang diproduksi dan konsumen yang membacanya.

Sekitar satu tahun sebelum Layar Terkembang terbit, STA mencetuskan ide yang berani soal arah kemajuan budaya bagi Indonesia. STA pada tahun 1935 dengan tegas menyebutkan, Barat, ke Baratlah, Indonesia harus melihat dan belajar jika ingin maju. STA melontarkan idenya itu pada usia 27 tahun. STA menganggap nilai-nilai Barat seperti individualis, materialisme, dan egoisme sebagai sesuatu yang penting sebagai api. Pokok-pokok pemikiran STA bukan hanya mengguncang masyarakat saat itu. Para pemikir dan budayawan seangkatannya seperti Ki Hajar Dewantara dan Sanusi Pane menanggapi pemikiran STA seraya mengingatkan STA bahwa Timur adalah arah kemajuan budaya yang harus dipertahankan Indonesia mendatang. Perdebatan antara STA dengan para penentangnya dikenal dengan istilah Polemik Kebudayaan.

Pengaruh pernyataan STA terlihat pada novel Layar Terkembang. Misalnya, Yusuf, digambarkan sebagai anak pribumi yang pandai, cerdas, calon dokter tetapi selalu berpakaian ala pelajar Belanda, memakai stelan putih dan mengenakan topi helm dengan warna senada. Selanjutnya, kita cermati tokoh Soepomo, teman sekerja Tuti, dia hampir saja meluluhkan hati Tuti yang sudah sangat kuat “mempertahankan” prinsipnya: lebih baik tidak menikah daripada mendapatkan suami yang tidak sepadan dan sepaham hanya karena Soepomo berijazah Belanda, dia pernah sekolah di Belanda.

Dalam novel tersebut, ecara sadar STA sebetulnya mempunyai polemik tersendiri pada hati kecilnya. Dengan terang-terangan dia tidak mungkin akan kembali pada kebudayaan masa lalu yang dikatakannya sebagai takhayul. Ketakhayulan yang dianggap STA sebagai kemunduran pola pikir bangsa ini tercermin pada kutipan teks berikut “Sejak dari dahulu, bangsa kita gemar akan sikap menganggap dunia ini sebagai tiada berarti, fana. Dunia hanya tempat perhentian sebentar. Apa guna mengumpulkan harta? Apa guna kebesaran dan kemuliaan? Sikap demikian menyebabkan bangsa kita tiada berdaya?

Dari beberapa pendapat STA mengenai kebudayaan yang maju harus datang dari Barat, sebetulnya tidak mutlak dipegangnya juga. Kita akan banyak melihat kutipan pada Layar Terkembang yang menyatakan hal tersebut. Novel Layar Terkembang adalah polemik STA sendiri, satu sisi dia merasa dipengaruhi Barat, tetapi di sisi lain dia juga menyadari bahwa pada kebudayaan Barat ada cela yang tidak seharusnya ditirunya. Jadi, siapa yang meniru? STA tidak “meniru” apapun dari Barat, dia hanya memenuhi konvensi yang hanya diposisikan sekadar sumber inspirasi saja. Tidak lebih.

 

disarikan oleh

Heri Isnaini


111 komentar:

  1. Setelah membaca artikel ini wawasan saya lebih terbuka akan kebudayaan awalnya pun saya yergilor seperti STA bahwa Indonesia jika ingin maju harus mengikuti budaya kebarat baratan, akan tetapi tidak juga Karana budaya tersebut pun memiliki cela yg tidak harus kita tiru

    BalasHapus
  2. Setelah membaca artikel tersebut merucut pada polemik kebudayaan yang juga ingin memiliki kemajuan Indonesia dengan cara meniru budaya kebarat baratan dan ada hal buruknya yang tidak untuk di tiru sehingga menjadi polemik dan artikel ini sangat bagus juga membuat wawasan baru untuk saya mengenai budaya dan polemik yang ada

    BalasHapus
  3. Setelah membaca artikel tersebut saya menjadi lebih paham mengenai polemik yang muncul terhadap kemajuan Indonesia yang mengerucut ke budaya barat baratan dan banyak juga hal yang baik ditiru dan juga tidak untuk diterapkan untuk kemajuan Indonesia

    BalasHapus
  4. Artikel ini sangat menarik dan saya menjadi paham mengenai polemik terhadap kemajuan Indonesia

    BalasHapus
  5. Setelah membaca artikel di atas, saya menjadi lebih faham akan kemajuan budaya yang sangat di perlukan di indonesia. Dan artikel tersebut membuka pemahaman baru tentang kemajuan suatu negara itu membutuhkan proses dan pengorbanan. Apapun itu, asalkan tidak merubah kebudayaan yang sudah turun temurun. Ambil baik nya dan buang buruk nya.

    BalasHapus
  6. artikel yang diatas dapat membukakan pemahaman baru serta meningkatkan minat kemauan bagi generasi muda terhadap kebudayaan indonesia yang menjadi harapan bangsa untuk mengetahui budaya lama dan budaya modern indonesia saat ini.

    BalasHapus
  7. Setelah membaca artikel diatas saya menjadi lebih memahami tentang polemik atas kemajuan kebudayaan Indonesia yang mana mulai mengerucut kebarat baratan dan tak sedikit pula hal baik yang dapat ditiru namun tak sedikit pula hal buruknya ,tidak meniru akan tetapi sebagai acuan kemajuan peradaban

    BalasHapus
  8. Setelah membaca artikel ini saya memahami bahwa budaya barat mungkin akan memberikan kemajuan jika diikuti, namun perlu dipilah pilih dengan baik. Selain itu kita sebagai masyarakat indonesia harus tetap menjunjung tinggi budaya indonesia agak tidah hilang.

    BalasHapus
  9. Setelah membaca artikel tersebut saya menjadi paham akan polemik kemajuan budaya bagi Indonesia dari barat ataupun timur. Menurut STA jika ingin maju harus mengikuti budaya kebarat-baratan. Sedangkan menurut para pemikir dan budayawan seperti ki Hajar Dewantara dan Sanusi Pane bahwa timur adalah arah kemajuan budaya Indonesia yang akan mendatang. Tetapi sebagai bangsa Indonesia kita harus memilah mana yang baik dan yang tidak untuk bangsa kita kedepan nya.

    BalasHapus
  10. Setelah membaca artikel ini saya menyimpulkan bahwa kesadaran diri untuk bisa menilai mana yang baik dan buruk dalam meniru budaya kebarat-baratan itu penting, apalagi jika mau memajukan budaya Indonesia perlu berhati-hati.

    BalasHapus
  11. setelah membaca artikel ini wawasan dan pengetahuan saya sedikit lebih terbuka, bahwasan nya memang budaya luar terutama budaya barat meiliki beberapa hal postif yang dapat di adopsi tetapi banyak juga budaya luar pun yang tidak dapat di tiru di khawatirkan memiliki konotasi yang mungkin saja negatif atau kurang baik

    BalasHapus
  12. setelah membaca artikel ini rasa pendirian saya semakin kuat, selain itu saya jadi dapat ilmu dan wawasan baru dan juga saya jadi tau polemik dan pentingnya kemajuan budaya bagi Indonesia

    BalasHapus
  13. Setelah saya membaca artikel ini saya bisa mendapatkan pemahaman baru dan saya jadi lebih memahami mengenai polemik di indonesia

    BalasHapus
  14. Artikel ini dapat memberikan pemahaman baru dan meningkatkan semangat baru pembaca untuk tetap menjunjung tinggi budaya asli indonesia agar tetap lestari.

    BalasHapus
  15. artikel memberikan pemahaman yang baik, memberikan pendirian yang baik

    BalasHapus
  16. Artikel ini memberikan pemahaman yang baik dan meningkatkan semangat yang tinggi

    BalasHapus
  17. Artikelnya sangat bermanfaat, dan menambah wawasan

    BalasHapus
  18. Artikel ini mengajarkan kita untuk bijak dalam penyerapan, yang artinya tidak semua kebudayaan barat harus di tiru. Ambil positif dan tinggalkan negatifnya, serta sebagai generasi muda yang membawa perubahan bangsa, kita harus memiliki kesadaran terhadap pelestarian nilai-nilai kebudayaan asli di indonesia.

    BalasHapus
  19. Atrikel ini sangat bermanfaat dan membierikan pengetahuan baru untuk saya

    BalasHapus
  20. Artikel ini memberikan informasi pemahaman yang berbeda pada setiap orangnya, bermanfaat dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  21. Artikel ini sangat sangat bermanfaat dan setelah membaca ini saya menjadi lebih mengerti dan memberikan pengetahuan atau wawasan baru

    BalasHapus
  22. Setelah membaca artikel diatas, polemik yang tertulis di artikel tersebut sangat cocok jika dikaitkan dengan kondisi anak muda saat ini. Anak muda saat ini lebih mengenal budaya barat dibandingkan kebudayaan indonesia sendiri, memang tidak ada salahnya kita mengenal budaya asing tetapi kita juga jangan sampai lupa indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam.

    BalasHapus
  23. Diketahui dari artikel ini, sedari dulu memang ada pemikiran bahwa maju nya bangsa indonesia itu dengan mengikuti budaya barat. Maka dari itu, dampak dari pemikiran tersebut masih berpengaruh di zaman milenial ini. Akan tetapi, kita sebagai rakyat indonesia harus sadar dan meyakin bahwa bangsa indonesia juga memiliki kebudayaan yang beragam dan menarik bagi kaum milenial saat ini.

    BalasHapus
  24. Setelah membaca artikel diatas saya mengetahui tentang budaya di Indonesia yang mulai ke barat-baratan karena mengikuti perkembangan jaman. Hal tersebut harus diperhatikan juga karena Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya. Budaya barat yang ditiru harus disesuaikan dengan budaya di Indonesia

    BalasHapus
  25. artikel ini sangat bermanfaat, menambah wawasan serta memberi pemahaman baru mengenai penyerapan budaya

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. artikel ini sangat berguna dan bermanfaat , serta dapat menambah wawasan baru mengenai budaya

    BalasHapus
  28. Artikel ini sangat berguna untuk menambah wawasan tentang budaya

    BalasHapus
  29. Setelah membaca artikel diatas saya menyimpulkan bahwa STA memiliki pendapat bahwa budaya yang maju itu harus datang dari barat, tetapi dalam budaya barat ada hal yang tidak harus ditiru. yang mana ini memberikan artian bahwa dalam menyikapi budaya barat ambillah ilmu atau budaya yang bisa memajukan Indonesia dan jangan mengambil budaya yang tidak mencerminkan negara Indonesia ( tidak perlu ditiru oleh warga Indonesia )

    BalasHapus
  30. Setelah membaca artikel ini, Kita harus bisa memilih yang positifnya saja dari budaya barat, dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya indonesia.

    BalasHapus
  31. Setelah membaca artikel ini saya mendapatkan pemahaman baru dan saya menjadi lebih paham akan polemik kemajuan bagi budaya Indonesia dari barat maupun timur

    BalasHapus
  32. Artikel yangg sangat detail menjelaskann perihal perbedaan kebudayaan Indonesia dan kebudayaan luar

    BalasHapus
  33. Setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih paham akan polemik kemajuan bagi budaya indonesia , selain itu juga kita harus bisa mengambil sisi positifnya dari budaya barat

    BalasHapus
  34. Artikel ini menarik, menambah wawasan baru bagi saya

    BalasHapus
  35. Menambah wawasan dan menarik untuk dibahas

    BalasHapus
  36. Artikel yang sangat menarik dan mudah di pahami dan juga sangat menambah wawasan

    BalasHapus
  37. Novel nya sangat menarik, bisa kita simpulkan bahwa terdapat polemik yang terjadi di satu sisi STA dipengaruhi budaya barat tapi di sisi lain ia menyadari terdapat perbuatan cela yang tidak patut ditiru.

    BalasHapus
  38. Setelah melihat artikel ini menarik sekali untuk lebih dalam di pahami disisilain STA di pengaruhi budaya barat akan tetapi ia juga menyadari perbuatan yang tidak patut di tiru

    BalasHapus
  39. setelah membaca ini saya menjadi tergerak bahwa kebudayaan indonesia juga harus dikembangkan sampai internasional

    BalasHapus
  40. artikel yg menarik dan menambah wawasan saya

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Setelah membaca artikel ini saya mengetahui tentang STA dan budaya Indonesia yang sedikit ke barat-barat an

    BalasHapus
  43. stelah membaca artikel ini saya jadi mengerti akan polemik budaya, dan yang dibahas disini juga sangat menarik dan membuat pembaca ingin selalu membaca dan mudah dimengeeti

    BalasHapus
  44. Artikel ini membuat wawasan saya meluas, serta pendeskripsian novel ini sangat menarik

    BalasHapus
  45. Setelah membaca artikel ini membuat wawasan saya meluas
    Dan juga artikel ini pembahasaan sedikit berat (alifiani vedilla putri)

    BalasHapus
  46. artikelnya memberikan banyak pengetahuan baru, saya menjadi lebih faham akan kemajuan budaya yang sangat di perlukan di indonesia. dan kebudayaan indonesia sangatlah penting.

    BalasHapus
  47. setelah membaca ini membuat wawasan saya lebih luas ( Syakilla Putri Syahrani )

    BalasHapus
  48. artikel yg bagus & menarik ( Nazma Zulfa S )

    BalasHapus
  49. saya banyak mendapatkan wawasan dan pemahaman baru tentang STA dan juga budaya setelah membaca artikel ini

    BalasHapus
  50. setelah membaca artikel yang sangat menarik ini saya bisa menambah wawasan saya menjadi lebih luas

    BalasHapus
  51. dari artikel diatas saya mendapat banyak sekali pembelajaran yg berkaitan dengan polemik kebudayan, dari beberapa pendapat mengenai kebudayan yang harus semakin berkembang tentang pemahan budaya yg ke barat baratan, dalam pengambilan ide yg berani demi kemajuan indonesia.

    BalasHapus
  52. Artikel yang menarik mengenai polemik yang muncul terhadap kemajuan Indonesia mengenai kebudayaan, kebudayaan barat memiliki hal positif dan hal negatif sehingga dengan adanya artikel ini dapat menentukan budaya barat mana yang patut ditiru.

    BalasHapus
  53. Artikel ini sangat menarik bagi para pembaca,kita menjadi paham kebudayaan indonesia yang harus terus dijaga kelestarianya (kapriansyah arifin)

    BalasHapus
  54. artikel yang sangat bagus dan menarik, untuk menambah informasi baru untuk kita terutama saya

    BalasHapus
  55. setelah saya membaca artikel ini yang sangat bagus dan menjadi memahami bahwa budaya barat ini memberi kemajuan

    BalasHapus
  56. Informasi yg mendidik untuk pengetahuan (Nadzifa kairunnisa pramesti)

    BalasHapus
  57. sangat menarik dan memberikan sejumlah informasi yang baru saya ketahui

    BalasHapus
  58. Artikel ini membuat wawasan saya bertambah, isinya cukup menarik, dan saya menyukainya

    BalasHapus
  59. yang saya baca dari artikel ini generasi muda harus bisa memilah dan memilih yang positif maupun negatif dari budaya barat.dan harus bangga serta memajukan budaya Indonesia

    BalasHapus
  60. artikel yang sangat menarik dan membuat wawasan saya bertambah

    BalasHapus
  61. dalam artikel tersebut secara sadar STA sebetulnya mempunyai polemik tersendiri pada hati kecil

    BalasHapus
  62. Setelah membaca artikel ini, saya sadar tak semua budaya yang berasal dari barat maupun timur baik untuk bangsa Indonesia. Tapi dengan adanya artikel ini, saya mendapatkan pemahaman baru mengenai polemik kebudayaan yang memang sempat terjadi di Indonesia pada awal abad ke-20.

    BalasHapus
  63. Artikel diatas mengajarkan kita bahwa kebudayaan barat tidak harus selalu semuanya ditiru...., cukup ambil baiknya dan buang buruknya ,sebagai warga negara indonesia kita harus tetap dapat mampu untuk melestarikan nilai nilai kebudayaan indonesia.

    BalasHapus
  64. artikel yang sangat cocok untuk menambah wawasan tentang budaya barat maupun timur yang baik untuk indonesia

    BalasHapus
  65. Artikel ini sangat menarik dan menambah wawasan

    BalasHapus
  66. artikel ini memberikan pemahaman yang baru, bermanfaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  67. Artikel yang sangat membantu pemahaman saya tentang kebudayaan. Termasuk budaya barat maupun budaya Indonesia

    BalasHapus
  68. Artikel ini memberi pengetahuan bahwa pola pikir dahulu dapat berubah seiring dengan berkembangnya kebudayaan. STA ingin memajukan kebudayaan yang ada di Indonesia, beliau juga ingin memajukan pemikiran zaman dulu agar ada kemajuan seperti di Barat.

    BalasHapus
  69. Artikel ini sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita sebagai anak muda yang belum mengetahui tentang budaya di Indonesia. Banyak pandangan-pandangan yang bisa dijadikan pembelajaran untuk kita.

    BalasHapus
  70. Artikelnya sangat sangat menarik sekali dengan judul yang menarik ini bisa mnjadi daya tarik juga untuk sipembaca dan juga akan menambahkan pemahaman baru juga ilmu baru dari artikel yang dibuat ini. Terima kasih atas tulisan yang sangat membantu untuk referensi pembelajaran kami

    BalasHapus
  71. artikel yang sangat menarik dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  72. Setelah membaca artikel ini saya mengetahui bahwa STA ingin memajukan kebudayaan yang ada di negara indonesia selain itu artikel ini sangat bermanfaat bagi wawasan pendidikan kita sebagai anak bangsa indonesia

    BalasHapus
  73. Setelah membaca artikel ini saya merasa bertambah wawasan kita khusus nya mahasiswa , untuk lebih mengetahui budaya di Indonesia , trimakasih untuk artikel ini karna sangat membantu untuk referensi kita sebagai anak muda ataw mahasiswa .

    BalasHapus
  74. Sangat menarik untuk menambah wawasan mahasiswa

    BalasHapus
  75. Artikel ini sangat menambah wawasan saya

    BalasHapus
  76. Artikel yang luar biasa keren bermanfaat

    BalasHapus
  77. Setelah membaca artikel tersebut saya dapat memahami bahwa budaya barat mungkin akan bisa memberikan kemajuan bangsa dan budaya Indonesia . Tetapi disisi lain kita juga sebagai bangsa Indonesia harus bisa memilah dan memilih mana yang baik dan yang tidak baik untuk bangsa kita kedepannya.

    BalasHapus
  78. artikel ini dapat saya pahami ,sangat keren dan bermanfaat

    BalasHapus
  79. Setelah saya membaca artikel ini, yang tersirat dalam rasa dan pemikiran saya yaitu bahwasanya kita dapat memahami budaya barat memungkinkan untuk bangsa Indonesia menjadi maju, tetapi tidak menutup kemungkinan juga, kita harus dapat memilih bahkan memilah, mana yang dapat kita ambil untuk majunya bangsa kita, dan mana yang membuat bangsa kita mengalami hal hal buruk nantinya.

    BalasHapus
  80. Artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai budaya barat yang bisa membuat bangsa Indonesia maju, tetapi kita juga harus pintar memilah dan memilih apa yang bisa kita contoh dari budaya barat itu sendiri.

    BalasHapus
  81. Artikel yang sangat menarik, banyak sekali pembelajaran yang berkaitan dengan polemik kebudayaan untuk menambah wawasan saya menjadi luas

    BalasHapus
  82. mengenai budaya barat tentunya ada nilai positif dannegatif dari budaya barat, oleh karena itu kita harus bisa memilih dan memilah budaya barat yg berdampak positif dan negatif

    BalasHapus
  83. Artikel ini membuat pengetahuan saya semakin luas sehingga dapat mengenal budaya barat tetapi kita sebagai bangsa Indonesia harus pandai memilah dan memilih sehingga kita dapat mengambil dampak positif nya saja

    BalasHapus
  84. Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan, saya menjadi paham mengenai polemik yang muncul terhadap kemajuan Indonesia yang condong ke budaya barat-baratan dan banyak juga hal yang baik ditiru dan juga tidak untuk diterapkan untuk kemajuan Indonesia

    BalasHapus
  85. banyak pelajaran yg terkandung dalam artikel ini,kita sebagai bangsa indonesia harus lebih lagi dalam memilah dan memilih budaya barat,karena ada sisi positif maupun negatif

    BalasHapus
  86. Dengan adanya artikel ini bisa memudahkan pembaca karena dapat dibaca di mana saja

    BalasHapus
  87. Dalam polemik budaya pada layar terkembang, pemikiran yang digagaskan oleh STA, Ia berpikir dalam nilai kolonialisme ada yang harus dicontoh tetapi harus pintar hal dalam memilahnya, sehingga mungkin adanya strategi sehingga menimbulkan polemik saat itu, cukup sulit dipahami tetapi harus lebih dalami, kita sebagai pembaca sekilas supaya bisa memvalidasi hal yang belum terpecahkan oleh nalar sang pengarang oleh kita sebagai pembaca

    BalasHapus
  88. Artikel ini dapat memperluas wawasan mengenai polemik atas kemajuan Indonesia. STA memiliki pemikiran tersendiri yaitu ia menginginkan kebudayaan agar bisa maju seperti Barat. Namun, hal-hal yang berbentuk "kemajuan" tidak selalu berasal dari Barat, melainkan dapat berperan sebagai sumber inspirasi saja.

    BalasHapus
  89. Sangat bermanfaat. Terlebih membahas mengenai karya-karya Sutan Takdir Alisyahbana, salah satunya Layar Terkembang ini. Polemik mengenai kebudayaan yang harus dari barat dan sebaliknya yang sebetulnya tidak mutlak juga dipegangnya. Tetapi STA tidak “meniru” apapun dari Barat, dia hanya diposisikan sekadar sumber inspirasi saja.

    BalasHapus
  90. Artikel yang menarik & bermanfaat sekali. Membuka pandangan saya tentang memajukan bangsa ini tidak melulu meniru akan tetapi hanya dijadikan inspirasi saja dan kita memiliki cara tersendiri yang unik.

    BalasHapus
  91. artikel menarik dan sangat bermanfaat untuk kita sebagai generi muda, kita dapat memajukan bangsa ini, tentang budaya barat itu ada sisi positif dan negatifnya. tidak dengan meniru melainkan jadikan sumber inspirasi.

    BalasHapus
  92. budaya kita yang beraneka ragam kemudian masuk budaya barat yang membawa sisi positif juga negatif kita sebagai anak muda harus bisa mempertahankan budaya sendiri di era budaya barat yang semakin menyebar,boleh memperjari budaya lain tapi jangan lupa akan budaya sendiri

    BalasHapus
  93. Budaya bukan hanya sekadar kebiasaan dan adat, tapi juga pikiran dan adab.

    BalasHapus
  94. Artikel yang menarik, budaya barat memang membawa pengaruh yang besar maka dengan itu kita sebagai anak muda harus dapat memilah mana yang baik dan tidak untuk kita.

    BalasHapus
  95. Budaya barat tidak sepenuhnya membawa pengaruh negatif/buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Itulah sebabnya critical thinking diperlukan.

    BalasHapus
  96. Para remaja tidak ingin ingin dikatakan kuno, kampungan kalau tidak mengikuti cara berpakaian ala barat karena dinilai modern, tren dan mengikuti perkembangan zaman. Selain cara berpakaian dan mode, tetapi hanya menjadi masyarakat yang konsumtif tidak produktif di kalangan remaja menjadi masalah bagi kebudayaan di Indonesia. Umumnya kalangan remaja Indonesia berperilaku ikut-ikutan tanpa selektif sesuai dengan nilai-nilai agama yang di anut dan adat kebiasaan yang mereka miliki dan itu biasanya berasal dari media sosial yang mereka lihat.

    BalasHapus
  97. Kita sebagai orang dewasa harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, budaya barat juga ada yang baik untuk di contoh dan ada yang tidak baik.

    BalasHapus
  98. Artikel yang membuka wawasan bagi para generasi 2000 yang mungkin sudah jarang mengetahui karya-karya lama. Penulisan yang naratif membuat artikel ini menarik dan memberi pengaruh terhadap 0embaca untuk menelusuri karya sastra lama lebih jauh. Sehingga dampak positif yang dihasilkan sangat baik sekali selain memberi pengetahuan yang cukup juga sekaligus mempertahankan sejarah yang ada.

    BalasHapus
  99. Artikel ini memiliki pesan-pesan yang menunjukkan rasa semangat kaum muda untuk membawa perubahan dengan memilih mana hal yang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik dan mana yang tidak.

    BalasHapus
  100. Setelah membaca artikel ini pengetahuan saya bertambah, apalagi mengenai karya sastra Indonesia yang cukup penting pada zamannya. Penerbitan novel Balai Pustaka juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh besar penerbit terhadap produksi dan konsumsi karya sastra di Indonesia. Bahkan secara tekstual dan naratif, novel ini mudah dipahami dan cenderung populer.

    BalasHapus
  101. Artikel ini memberikan pengetahuan yang baru yaitu budaya barat tidak selalu berdampak negatif,nyatanya terdapat dampak positif yang dapat kita ikuti.

    BalasHapus
  102. Artikel ini membuka pola pikir kita mengenai budaya barat. Ada pengaruh yang baik dan juga tidak. Bukan hanya untuk ditiru, tapi dijadikan sebagai sumber inspirasi.

    BalasHapus
  103. Artikel ini membuka wawasan saya tentang polemik budaya yang terjadi pada masa itu, memang budaya barat memiliki pengaruh yang signifikan akan tetapi kita sebagai bangsa Indonesia harus dapat memilah dan memilih mana yang baik dan buruknya. Maka dari itu dari artikel ini kita dapat tahu bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus memiliki pandangan kritis untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepannya.

    BalasHapus
  104. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  105. penulisan dengan topik topik yang menarik dan tentunya menambah pengetahuan pada topik tentang polemik budaya. dimana STA sang penulis berbicara tentang arah kemajuan budaya indonesia yang mencetuskan sebuah ide pemikiran bahwa indonesia itu harus melihat arah barat dengan menganggap individual, material serta egoisme itu penting yg membuat pertengangan para budayawan lainnya mengingatkannya.

    BalasHapus
  106. Polemik budaya pada masa itu memang kental dengan pengaruh kebudayaan barat. Pada karya tulis tersebut kita diajarkan bahwa sebagai bangsa yang besar kita harus memfilter semua itu untuk kemajuan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  107. Menurut saya, STA ingin menunjukkan bahwa tidak selalu kita harus mengikuti budaya timur, ada juga sisi budaya barat yang bisa kita ambil untuk kemajuan budaya, dan tentunya kita harus memilah semua itu.

    BalasHapus
  108. Dengan membaca artikel ini, saya mengetahui bahwa saya tidak bisa menilai orang lain dengan fisik nya saja. Melainkan masih banyak dampak positif yang ada pada mereka.

    BalasHapus

Ihwal Tasawuf

  (Sumber gambar: https://langgar.co/) I stilah tasawuf berkembang pada abad III Hijriyah atau sekitar abad IV Masehi, yang sebelumnya diawa...