Postingan Populer

Senin, 27 Februari 2023

Ah, Mungkin Kau Lupa Aku Begitu Merindumu


 


Rindu adalah perasaan yang senantiasa bersemayam pada lubuk manusia, di mana pun, siapa pun, dan kapan pun. Dia akan terus berada di sana hingga manusia menjadi bagian yang tidak terpisahkan darinya. Dengan rindu, hidup tidak akan abu-abu. Hidup akan beraneka warna. Beragam suka.  Rindu yang disampaikan dalam buku ini merupakan rindu dikristalisasi oleh konvensi bahasa puisi. Ada larik, bait, irama, dan birama. Dengan demikian, makna rindu bisa semakin “liar” sepanjang bahasa yang disampaikan menjadi bahan renungan dalam menghadapi kehidupan. Beragam cara disampaikan untuk rasa rindu, entah itu dengan menunjuk kepada seseorang, kepada alam, kepada tuhan, atau kepada apa pun yang diyakininya. 

(Heri Isnaini)



Silakan sajak-sajaknya dapat diunduh pada tautan berikut

>>>>>>>>>> https://drive.google.com/file/d/1FY8f7EFrHW4IYO6UkL4Xbmx5wfXPG8jY/view?usp=sharing


138 komentar:

  1. perihal rindu saya sangat setuju sekali bahwa rindu bisa ada kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. dan makna dari rindu sendiri pasti akan berbeda bagi tiap orangnya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kalau kamu mau bilang rindu jangan langsung tiba-tiba ya, takutnya aku pingsan karena terlalu bahagia.

    BalasHapus
  5. Ada sebuah harapan didalam kerinduan, yakni sebuah pertemuan dalam kenyataan.

    BalasHapus
  6. kalimat dan bahasa yang di gunakan sangat mudah di pahamii

    BalasHapus
  7. Kata-kata yang digunakan dapat dimengerti, dan jadi mengetahui beragam cara menyampaikan rindu

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Munculnya rasa rindu kadang tidak mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  10. Penggunaan bahasa dan kiasan sangat indah, kata "liar" disini sangat mainstream sehingga menjadi pembeda dan sangat menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  11. sebab rindu itu merupakan rasa yang muncul pada seseorang terhadap sesuatu. Dan disini sangat menarik dari segi maknanya.

    BalasHapus
  12. Jika engkau merasakan sakit pada dirimu, itu tandanya engkau masi hidup. Tapi jika engkau merasakan sakit yang drasakan orang lain, itu tandanya engkau manusia."

    BalasHapus
  13. Cerita yang sangat menarik dan mudah di pahami..

    BalasHapus
  14. Kata katanya sangat indah dan membuat kita terbawa suasana

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. indah sekali kata-katanya, dan saya bisa merasakan suasananya

    BalasHapus
  17. Saya dapat merasakan perasaan rindunya hanya dengan membaca sajak ini, dan benar saja bahwa rasa rindu dapat disampaikan kepada siapa saja dan dalam bentuk apa saja seperti sajak ini sebagai contohnya.

    BalasHapus
  18. Artikelnya bagus dengan tema yang menarik para pembaca

    BalasHapus
  19. artikel yang saya baca ini, menurut saya dari alurnya sudahbenak sekali untuk di baca, mudah dimengerti dar bahasanya karena kata katabyang dibuat juga dengan sederhana

    BalasHapus
  20. Sajaknya sangat indah kata katanya sangat berkesan dan romantis

    BalasHapus
  21. Kata katanya sangat sweet dan romantis

    BalasHapus
  22. Kata katanya sangat sweet dan romantis (alifiani vedilla putri)

    BalasHapus
  23. sajaknya sangat indah dan menyentuh hati

    BalasHapus
  24. Sajaknya bagus menarik banget buat dibaca, related banget sama saya saat ini

    BalasHapus
  25. ceritanya sangat bagus dan alurnya mudah di mengerti ( Syakilla Putri Syahrani )

    BalasHapus
  26. semakin dalam saya merasakan rindu maka lebih semakin terasa nyata aku merasakannya, namun entah kenapa ada rasa sakit disana karna rindu bisa mengobati namun juga jadi penyakit untuk mengobati hati.. jadi paradoks kan ( Bagus septiyanto F )

    BalasHapus
  27. Makna rindu yang mendalam, sangat indah kata-kata nya👍

    BalasHapus
  28. kalimat yang digunakan sangat mudah dimengerti untuk pembaca bacaan ringan seperti saya. makna dari karangannya juga sangat dalam dan indah.

    BalasHapus
  29. Tema yang sangat menarik, ungkapan-ungkapan rindu dari sajak yang disampaikan bisa saya rasakan karena diksi yang digunakan sangat indah. Mempunyai makna yang membuat kita berimajinasi seakan sedang merasakannya.

    BalasHapus
  30. Cerita yang menarik, dimana banyak makna yang mudah sekali dipahami mengenai arti dari kerinduan seseorang

    BalasHapus
  31. artikelnya sangat menarik setelah saya baca,saya jadi ingat kata kata dilan "jangan rindu berat,kamu gaakan kuat biar aku saja" (kapriansyah arifin)

    BalasHapus
  32. sajaknya sangat indah dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  33. Sajak yang sangat indah dan cukup menarik untuk dibaca dan sangat related sekali dengan kehidupan didunia nyata

    BalasHapus
  34. dengan penataan kata yang bagus membuat sajak ini menarik untuk di baca

    BalasHapus
  35. Sebenarnya saya bukan seseorang yang begitu gemar membaca sajak. Akan tetapi, tulisan kali ini sangat mudah saya fahami dan membuat saya terenyuh akan maknanya. Terima kasih untuk karya yang luar biasa ini, semoga bisa mempublikasikan karya sajak yang lain untuk senantiasa menginspirasi pembaca.

    BalasHapus
  36. kata kata yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca , mudah dimengerti juga membaca sajak ini bahasa yang sangat simple jadi mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  37. artikel yang sangat bagus dan menarik, dengan melontarkan kata rindu karena rindu itu tidak semudah itu ferguso untuk menghampiri rindu seseorang yang kita dirindukan.

    BalasHapus
  38. Menarik untuk dibaca (Nadzifa kairunnisa pramesti)

    BalasHapus
  39. kata kata yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  40. Rindu itu bisa dirasakan semua orang tidak terkecuali,dan pembahasan tentang Rindu ini relate bagi semua orang juga,sangat menarik dibaca

    BalasHapus
  41. Sajak yang sangat menggambarkan kerinduan dengan pilihan diksi yang tepat

    BalasHapus
  42. sajak dan pemilihan kata-katanya sangat bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Ada sebuah harapan didalam kerinduan , yakni sebuah pertemuan dalam kenyataan.

    BalasHapus
  45. sajaknya indah, kata-katanya menyentuh hati. sangat mewakili para remaja yang sedang dilanda kerinduan.

    BalasHapus
  46. Saya bukan seseorang senang membaca sebuah sajak atau tulisan tetapi tulisan yang satu ini sangat mudah dipahami dan membuat saya mengerti akan maknanya.. terima kasih untuk karya yang luar biasa kerennya ini semoga bisa semakin menginspirasi banyak pembacanya

    BalasHapus
  47. sangat menarik untuk dibaca!

    BalasHapus
  48. Tema nya sangat menarik untuk dibaca oleh anak muda

    BalasHapus
  49. cerita nya sangat bagus dan menarik

    BalasHapus
  50. Artikel ini saya rasakan karena kalimat yang digunakan sangat indah. Mempunyai makna yang membuat kita berimajinasi seakan sedang merasakannya. Cerita nya sangat menarik untuk dibaca dan sangat related sekali dengan kehidupan didunia nyata

    BalasHapus
  51. Sajak yang begitu indah dengan pemilihan diksi yang tepat membuat pembaca tersentuh dan seakan merasakan hati yg sedang merindu

    BalasHapus
  52. Sajak yang sangat menarik dan sangat mewakili untuk orang orang yang sedang dilanda rindu. Pemilihan kata pun sangat indah untuk dibaca bagi seseorang yang membacanya. Terimakasih untuk karya yang sangat luar biasa, semoga dalam terbitnya karya ini semakin membuat banyak orang terinspirasi termasuk saya sendiri.

    BalasHapus
  53. Sajak yang sangat indah,mengharukan dan kata-kata yang di gunakan bagus mudah di pahami sehingga pembaca merasakan apa yang di rasakan penulis.

    BalasHapus
  54. Kumpulan sajak yang merupakan puisi tersebut memiliki diksi yang sangat manis, secara tidak langsung itu menambah pengetahuan diksi pada saya yang masih sangat kurang terhadap kemampuan dalam pemilihan diksi. Ungkapan kerinduan yang tertulis pada sajak tersebut membuat saya tersentuh, emosi yang disampaikan penulis pun tersampaikan dengan baik.

    BalasHapus
  55. sangat indah,begitu mudah untuk di pahami,penuh dengan emosi dan begitu indah untuk di masukan ke dalam hati,terima kasih penulis

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Rindu pada seseorang yang sangat kita sayangi sangat lah menyakitkan 😥 blog ini benar2 bagus mudah dimengerti dan dipahami,,blog yang sangat menyayat hati,,terima kasih penulis 🙏

    BalasHapus
  58. emosi penulisnya kena banget.,Penggunaan bahasa dan kiasan sangat mudah di rasakan pembaca,, kata katanya penuh dengan seni yang luar biasa

    BalasHapus
  59. Sajak yang sangat indah Kata-kata yang digunakan dapat dimengerti, dan jadi mengetahui beragam cara menyampaikan rindu. bahasa dan kiasan sangat indah, kata "liar" disini sangat mainstream sehingga menjadi pembeda dan sangat menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  60. Kumpulan sajak yang begitu indah dengan pemilihan diksi yang sangat tepat yang mudah dapat dipahami apa makna yang akan disampaikan. Dan penyusunan pun sangat rapih.

    BalasHapus
  61. sajak yang sangat indah diksi yang sangat tepat yang mudah dapat dipahami apa makna akan di sampaikan

    BalasHapus
  62. tema "rindu" sangat mewakili tentang bagaimana perasaan banyak orang. menarik untuk dibaca karena makna diksi dalam tulisan karya puisi-puisi tersebut dapat dipahami.

    BalasHapus
  63. Sajak pada buku ini ditulis pada tahun yang berbeda-beda. Seperti judulnya, rasa rindu tersirat dari sajak-sajak yang ada dibuku ini. Sebagai pembaca, saya bisa merasakan kerinduan dari sajak yang ada dalam buku ini. Buku ini merupakan karya yang sangat luar sehingga dapat memotivasi pembacanya termasuk saya sendiri untuk bisa membuat sebuah karya juga.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Dari rindu bisa menjadi karya yang indah. Sajak dengan penggunaan diksi yang indah sehingga terhanyut didalamnya.

    BalasHapus
  66. Sajak yang sangat indah, mengharukan dan pemilihan diksi sangat bagus dapat di pahami oleh pembaca. Kata katanya penuh dengan seni yang luar biasa sehingga membuat pembaca tersentuh, emosi yang disampaikan penulis pun tersampaikan dengan baik.

    BalasHapus
  67. Saya memiliki hobi mendengarkan musik dan menyukai karya sastra termasuk puisi. Karya sastra yaitu puisi di blog ini sangat bagus. Sajak-sajaknya mewakili suasana hati. Susunan katanya juga sangat indah. Bukan hanya puisi, tulisan yang lain di blog ini juga sangat menarik. Saya sangat suka membacanya. Terima kasih banyak untuk penulis sudah menuangkan idenya berupa tulisan maupun karya sastra yang sangat menarik perhatian. Saya berharap akan banyak tulisan di blog ini yang lebih menarik lagi. Saya juga banyak belajar dengan membaca karya berupa tulisan di blog ini. Semoga penulis semakin sukses dalam karyanya.

    BalasHapus
  68. Kata2 yg begitu indah dan mudah dimengerti bahkan saya yg membacanya hanyut dalam setiap kalimatnya... Luarbiasa larut dalam rasa..

    BalasHapus
  69. Sajak yang luar biasa indah, pemilihan kata yang begitu pas membuat pembaca terbawa hanyut seakan akan merasakan perasaan rindunya dari seorang penulis.

    BalasHapus
  70. Kalimat yang sangat menarik untuk di baca, ceritanya sangat bagus dan alurnya mudah di mengerti

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. sajak yang sangat luar biasa dan indah, dari sajak ini saya bisa merasakan kerinduan.sajak ini juga sangat menarik untuk dibaca karena mudah di pahami

    BalasHapus
  73. Sajak yang sangat menarik untuk di baca, bukan hanya karena judulnya yang sangat menarik perhatian tetapi, diksi pada setiap rangkaian kata mudah dipahami oleh setiap yang membacanya.

    BalasHapus
  74. Puisinya sangat indah dan menggetarkan hati. Setiap baris dari puisi ini begitu kuat dan menginspirasi. Saya terkesan dengan pemilihan kata-kata dan irama yang dibuat oleh penulis. Puisinya sangat menyentuh dan membuat saya terharu. Saya suka bagaimana penulis menggambarkan perasaan dengan begitu jelas dan detail. Terima kasih sudah membagikan puisi yang indah ini. Saya sangat terinspirasi oleh cara penulis menyampaikan makna yang dalam dan menyentuh hati, membuat saya sekilas merenungkan arti kehidupan setelah membacanya. Saya juga menyukai penggunaan kata-kata yang indah dan harmoni yang ada di dalamnya. Teruslah menulis puisi seperti ini, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat juga bagi orang lain.

    BalasHapus
  75. Sajak ini sungguh sangat bagus. Penggunaan kata demi kata didalamnya dapat membuat bayangan yang ada pada sajak ini terasa jelas. Tidak hanya itu seakan ada sebuah emosi dan perasaan yang terkandung didalamnya. Secara keseluruhan saya suka sajak ini. Terima kasih kepada penulis yang sudah mau berbagi sajak indahnya. Sajak ini bisa saya jadikan referensi saya kedepannya. Saya berharap penulis bisa terus membuat sajak-sajak indah seperti ini lagi seterusnya.

    BalasHapus
  76. Sajak ini sangat meringankan bagi yg sedang dilanda rindu yg mendalam,dan membuat ingin cepat menemukan suasana yg dapat melampiaskan rindu itu.

    BalasHapus
  77. Sajak yang sangat mudah dan ringan untuk dibaca dan diserap maknanya oleh kita sebagai orang awam untuk bisa mengambil makna dan seluk beluk ekspresi yang diselipkan oleh penulis, sebuah sajak yang memonopoli sukma untuk bisa sama sama merasakan kerinduan yang menggebu-gebu oleh karena penulis sangat rindu akan kekasihnya. Sangat menginspirasi kawula muda untuk bisa terus berkarya dan berekspresi melalui puisi.

    BalasHapus
  78. Kata-kata dari sajak ini sangat bagus, karena mudah dipahami oleh para pembacanya, kemudian makna yang didapat sangat mendalam dikarenakan sajak ini, seperti mengingatkan atau menceritakan tentang kerinduan

    BalasHapus
  79. Saya sebagai orang yang tidak terlalu mengenal sajak, setelah membaca sajak ini saya merasa termotivasi dengan kiasan kiasan yang sangat bagus dan di mengerti oleh pembaca. Penggunaan kata yang terdapat dalam sajak ini membuat pikiran saya terbayang akan apa yang di sebutkan dalam sajak tersebut. Secara keseluruhan saya suka sajak ini, semoga penulis dapat mengembangkan lagi karya karyanya, terima kasih.

    BalasHapus
  80. Sajak yang sangat cantik dengan penuh diksi yang indah. Sajak ini juga mewakili banyak hati yang sedang dihujani oleh rindu. Dan sangat menginspirasi pembaca untuk bisa mengutarakan kerinduan dengan puisi-puisi yang indah

    BalasHapus
  81. Sajak-sajak yang terdapat dalam buku ini menyiratkan rasa rindu yang merasuk setiap atma, tetapi dalam setiap sajak nya memiliki arti yang berbeda. Diksi-diksi yang tersusun, menambah kesan hidup dalam setiap larik maupun bait. Karya ini bisa dijadikan ajang untuk mengajak kaum muda untuk berani mengekspresikan dirinya melalui karya sastra.

    BalasHapus
  82. Patut diapresiasi!
    Untuk karya yang memotivasi banyak jiwa di sini.

    Satu kata yang dapat menjadi lembaran buku,
    atau bahkan lebih dari itu.
    Mendeskripsikan rindu
    hingga seseorang dapat melihatnya dalam relung kalbu;
    itu akan membuat beberapa jiwa sangat terbantu.
    Sebab dari sana seseorang dapat menyampaikan rindu
    tanpa harus menunggu waktu.

    Di antara lautan emosi yang tumbuh dalam jiwa;
    Engkau bentuk barisan aksara penuh makna.

    Terima kasih telah menjadi jembatan,
    untuk rasa yang sulit diutarakan.

    —va

    BalasHapus
  83. Sajak-sajak ini begitu cantik dan penuh dengan diksi yang sangat indah, sajak ini mewakili seorang insan yang sedang di Landa kerinduan, karya yang telah saya baca ini, tentunya bisa menjadi acuan bagian anak baksa untuk mengekspresikan sesuatu hal yang ia rasakan melalui karya sastra

    BalasHapus
  84. Sajak yang sangat indah saat dibaca, menceritakan tentang kerinduan yang bisa dirasakan oleh setiap orang. Dan juga beragam cara untuk menyampaikan kerinduannya. Sajak yang mudah dicerna oleh pembaca bisa menjadikannya motivasi untuk mengekspresikan perasaannya melalu sebuah karya.

    BalasHapus
  85. Setelah membaca ini ternyata baru tau bahawasanya rindu itu tak terpatok oleh waktu tak tertuju pada satu ternyata makna rindu itu luas.juga tulisan ini enak dibaca

    BalasHapus
  86. Rindu adalah salah satu hal yang mewarnai dalam kehidupan kita, dan rindu pun memiliki arti yang sangat mendalam namun makna rindu itu kembali kepada masing² orang

    BalasHapus
  87. Sajak yang sangat menarik untuk dibaca dengan menggunakan kata-kata yang indah dan mudah dipahami, menceritakan tentang makna rindu yang mendalam dengan berbagai cara penyampaiannya dan saya bisa merasakannya

    BalasHapus
  88. Diksi yang dipilih dan disusun sangatlah indah dan dari sepanjang diksi yang ditemui, banyak makna yang "liar" yang menjadi hal menarik bagi pembaca. Namun, hal tersebut tetap dapat dinikmati dan dipahami dengan mudah. Sebagai pembaca dapat merasakan apa yang disampaikan oleh penulisnya mengenai rindu.

    BalasHapus
  89. sajak dalam puisi ini sangat begitu menarik bagi si pembaca karena mudah di pahami dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  90. Sajak yang elok sekali. Setiap kata, setiap untaian kalimat yang digunakan tersirat akan makna. Sehingga membuat pembaca ikut larut dalam perasaan rindu itu sendiri setelah pembacanya. Sangat mengagumkan.

    BalasHapus
  91. sajak yang indah, sangat menyentuh. kata katanya mudah di pahami dan di cerna oleh pembaca

    BalasHapus
  92. begitu indah,sebagai pembaca seakan kita masuk kedalamnya,oh rindu

    BalasHapus
  93. Rindu selalu membawa cerita yang berwarna bagi insan yang pernah mengalaminya. Siapapun pasti pernah merasakan kerinduan dan puisi ini sangat mengambarkan perasaan rindu itu.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Cerita yang sangat menarik, dimana para pembaca seakan terbawa masuk ke dalam ceritanya dan merasakan apa yang penulis rasakan.

    BalasHapus
  96. Cerita yang menanarik,bermanfaat dan dapat dimengerti kata katanya

    BalasHapus
  97. cerita nya dapat menyentuh para pembaca di setiap kata katanya dapat di cerna dan di pahami oleh pembaca

    BalasHapus
  98. Sajak-sajak yang cantik dan sangat indah✨

    BalasHapus

  99. rindu memang membuat gundah, tapi tanpa rindu orang tidak akan tahu apa arti cinta. rindu terlalu menyiksa, tapi untaian kalimat kalimat di atas membuat sadar akan betapa indahnya sebuah rindu, kepada kekasih, alam, tuhan, ataupun yang lainnya

    BalasHapus
  100. Menurut saya memang benar rindu itu teruntuk kepada siapapun dan kapan pun. Jiwa kita dengan rindu tidak akan pernah terpisahkan, karena sosok yang dirindukan menjadi suatu penantian yang tidak terhentikan, kecuali dengan sampai akhir nya kita bisa berjumpa.

    BalasHapus
  101. Dalam kumpulan sajak "Ah, Mungkin Kau Lupa Aku Begitu Merindumu", menurut saya sajak yang berjudul "Doa" Hal 21, sajak tersebut sangat mengetuk karena berbalut religi , agar kita senantiasa berdoa kepada sang pencipta Alloh SWT

    BalasHapus
  102. Sajak-sajak yang disampaikan sangat indah. Menceritakan tentang “rindu” yang selalu menghantui diri kita. Memang betul, rindu itu tidak mengenal waktu dan tempat. Ia datang kapan saja dan melekat dalam jiwa manusia. Diksi dalam sajak-sajak tersebut memiliki makna yang sangat dalam. Indah sekali!

    BalasHapus
  103. Artikel ini memaparkan makna rindu yang dituangkan ke dalam puisi berjudul "Ah, Mungkin Kau Lupa Aku Begitu Merindumu". Rasanya pembaca ikut tenggelam dalam luka rindu yang menggebu pada puisi tersebut.

    BalasHapus
  104. Diksi di dalam puisinya sungguh gurih, membuat kenyang pembacanya. Sungguh rindu itu memang berat seperti kata Dilan. Tapi, rindu itu syahdu, dan puisi-puisi ini mewakili setiap rindu para pembacanya.

    BalasHapus
  105. Rindu akan selalu ada dalam diri seseorang. Dan sajak sajak yang diberikan pun sangat indah dan mewakili perasaan rindu itu

    BalasHapus
  106. Puisi yang indah, diksi yang dipakai menimbulkan kesan romantis. Menarik sekali!

    BalasHapus
  107. Puisi "Waktu" halaman 52. Karya puisi yang memiliki makna cinta, ketulusan, kerinduan. Bait-bait singkat tetapi memiliki makna yang mendalam. Sangat indah dan begitu memukau. Didalam puisi tentunya akan beriringan dengan perasaan, pikiran dan begitu pula dengan keinginan. Dari pikiran untuk tulisan maka akan munculah kumpulan karya. Sangat bagus sekali karya-karya beliau, Bapak Heri Isnaini.

    BalasHapus
  108. Artikel ini sangat menarik untuk dibaca karena menuangkan sebuah kerinduan dan ketika saya membaca nya rasanya rindu ini muncul kembali dengan segegam harapan

    BalasHapus
  109. Buku kumpulan puisi atau antologi puisi dengan judul "Ah, Mungkin Kau Lupa Aku Begitu Merindumu" suatu kumpulan puisi yang berkelindan satu dan yang lainnya. Ungkapan rindu dalam puisi tidak dibatasi dalam satu penafsiran tertentu membuatnya bisa ditafsirkan dengan sangat liar. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh artikel ini. Sebuah artikel yang informatif dan menarik untuk dibaca dan diulas.

    BalasHapus
  110. Saat membaca buku antalogi puisi nya tiba-tiba teringat kata-kata "Rindu adalah nama lain dari dirimu"

    BalasHapus
  111. Saya setuju. Hidup adalah kopi, dan rindu adalah gulanya. Namun, selain jadi pemanis, rindu pun dapat menjadi tujuan kita untuk hidup. Karena pada sejatinya, ketika kita berani meneguk pahitnya rindu, sesuatu yang manis sedang menanti di depan sana, dan rindu akan jadi satu-satunya alasan kita untuk pulang.

    BalasHapus
  112. Memang benar, gairah hidup akan sedikit berkurang jika tidak dibumbui rindu. Rindu bisa pula menjadi sebuah acuan, karena ketika rasa rindu terobati, bahagia menghampiri hati. Bukankah bahagia memang sebuah tujuan?

    BalasHapus
  113. Kebetulan saya juga lagi rindu seseorang

    BalasHapus
  114. Benar, Rindu adalah perasaan yang senantiasa bersemayam pada lubuk manusia, di mana pun, siapa pun, dan kapan pun.
    Obat dari rasa rindu adalah bertemu.

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. Puisi ini sangat menarik bagi saya, diksi dalam puisi ini sangat bagus

    BalasHapus
  117. benar sekali, bahwa rindu tidak bisa terpisahkan dari diri manusia. setiap manusia pasti pernah merasakan rindu. rindu saya definisikan sebagai rasa akan kehadiran, dan puisi ini sangat menarik karena menggunakan diksi yang indah.

    BalasHapus
  118. Memang benar rindu adalah perasaan yang melekat pada diri manusia dan dapat dirasakan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Rindu memberikan warna pada hidup dan membuat hidup lebih berarti, karena kita merindukan seseorang atau sesuatu yang sangat berarti bagi kita.

    BalasHapus
  119. Satu kata yang sudah indah yaitu "Rindu" dikemas dan dikupas dengan sangat indah pula dalam tulisan ini semakin meyakinkan bagaimana cara kita meluapakan kerinduan pada alam semesta beserta isinya dan penciptanya. Pada tulisan ini betapa terangnya esensi dari "Rindu" diperlihatkan.

    BalasHapus
  120. Kata "Rindu" sudah tidak asing lagi di telinga. Penggunaan bahasa yang menarik dan elok, membuat pembaca semakin larut dalam kata.

    BalasHapus
  121. Banyak cara yang disampaikan untuk sebuah rasa rindu. Salah satunya melalui sajak ini. Menarik sekali!

    BalasHapus
  122. Perihal rindu kadang sulit disampaikan namun mampu dirasakan, obat rindu selain bertemu ya baca artikel ini, dikemas dengan kata-kata yang indah dan menarik.

    BalasHapus
  123. Setiap orang mempunyai caranya tersendiri dalam menyampaikan rindu dan punya caranya tersendiri untuk mengartikan arti rindu tersebut. Puisi ini menggunakan diksi yang bagus, dan mudah dipahami oleh pembaca.

    BalasHapus
  124. Berbagai ekspresi rindu terwakilkan dalam buku ini,
    "Entahlah,aku rindu tiap fase hidupku yang ada kamu"

    BalasHapus
  125. Rindu, satu kata yang mempunyai arti mendalam

    BalasHapus
  126. Rindu, di artikan sebagai kata yang paling sempurna ketika kita mengucapkan kata rindu kepada orang tersayang.

    BalasHapus
  127. Setiap orang mempunyai caranya tersendiri

    BalasHapus
  128. Menarik sekali, sangat mengobati rindu kepada orang tua.

    BalasHapus

Ihwal Tasawuf

  (Sumber gambar: https://langgar.co/) I stilah tasawuf berkembang pada abad III Hijriyah atau sekitar abad IV Masehi, yang sebelumnya diawa...